Pinjaman Sektor Publik Inggris Meningkat

Rabu, 24 Mei 2017 - 11:59 WIB
Pinjaman Sektor Publik Inggris Meningkat
Pinjaman Sektor Publik Inggris Meningkat
A A A
LONDON - Pinjaman sektor publik Inggris tercatat mengalami peningkatan pada April 2017 ke posisi tertinggi dalam tiga tahun terakhir, berdasarkan data terbaru dari Office for National Statistics (ONS). Pinjaman bersih sektor publik Inggris, tidak termasuk perbankan pada bulan lalu mencapai 10,4 miliar pounds, atau meningkat sebesar 1,2 miliar pounds dari April 2016.

Seperti dilansir BBC, Rabu (24/5/2017) hutang bersih sektor publik adalah sebesar 1,72 triliun pounds yang setara dengan 86% dari PDB, atau bertambah 114 miliar pounds pada April 2016. ONS juga menerangkan total kekurangan (shortfall) dari keuangan terakhir dari 52 miliar pounds menjadi 48,7 miliar pounds. Hal ini lebih rendah dari perkiraan sebelumnya 51,7 miliar pounds.

Total revisi penerimaan setelah PPN berada di atas 1,7 miliar pounds antara periode Januari hingga Maret, sedangkan kontribusi pajak dan asuransi pada bulan Maret juga alami perubahan di atas 0,5 antara 0,3. Diperkirakan oleh OBR bahwa pinjaman sektor publik akan mencapai 58,3 miliar pounds yang akan berakhir pada Maret 2018, mendatang.

Penasihat senior ekonomi dari group EY ITEM Club Martin Beck mengatakan fiskal tahun ini dimulai dengan catatan mengecewakan pada keuangan publik. Hal ini mendorong faktir seperti tahun lalu dan pelemahan ekonomi menunjukkan potensi melebarnya defisit.

Makin besarnya defisit dari data pinjaman bersih sektor publik ini, bisa terimbas kepada bank sentral untuk memperbesar surat hutangnya dengan tujuan mendapatkan dana segar demi membiayai program-program pembangunannya dimana tujuan pembangunan tersebut juga perlahan-lahan akan mengurangi defisit pinjaman tersebut. Kondisi ini juga berpotensi menjadi beban bagi pergerakan mata uang.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6004 seconds (0.1#10.140)