Kemenhub Mantapkan Persiapan Angkutan Idul Fitri

Sabtu, 03 Juni 2017 - 17:08 WIB
Kemenhub Mantapkan Persiapan Angkutan Idul Fitri
Kemenhub Mantapkan Persiapan Angkutan Idul Fitri
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus melakukan pemeriksaan seluruh moda transportasi yang akan digunakan, sesuai dengan Instruksi Menteri Perhubungan No. 40 Tahun 2017 agar seluruh kendaraan atau moda transportasi yang akan digunakan untuk angkutan Idul Fitri diperiksa kelaikannya, baik moda darat, laut, udara, maupun kereta api.

"Istilahnya rampcheck,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (3/6/2017).

Diperkirakan ada 48.790 bus yang akan diperiksa kelaikannya. Rampcheck sudah dilakukan sejak 17 April 2017 hingga nanti H-15 atau 10 Juni 2017.

Pudji menyampaikan, pihaknya terus melakukan persiapan agar mudik aman dan selamat sampai di tujuan, seperti infrastruktur, moda transportasi dan menyiapkan operator serta pengemudi.

“Kita melakukan pemeriksaan kepada pengemudi sebelum berangkat, serta operator yang nantinya dilakukan pembinaan supaya mengurangi resiko terjadi kecelakaan pada saat mereka melaksanakan tugas,” katanya.

Pihaknya juga terus lakukan koordinasi dengan Kementerian PUPR, Polri, Kementerian Kesehatan, Basarnas dan stakeolder lain. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan pemeriksaan angkutan moda tranportasi darat, laut, udara dan kereta api.

"Sampai saat ini, Kementerian Perhubungan sudah melaksanakan rampcheck sampai dengan 80% dari masing-masing moda angkutan transportasi yang terus dilakukan sampai dengan H-10," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8899 seconds (0.1#10.140)