Antisipasi Kenaikan Penumpang, Maskapai Ajukan Penambahan Penerbangan

Minggu, 04 Juni 2017 - 22:54 WIB
Antisipasi Kenaikan Penumpang, Maskapai Ajukan Penambahan Penerbangan
Antisipasi Kenaikan Penumpang, Maskapai Ajukan Penambahan Penerbangan
A A A
PALEMBANG - Menghadapi membludaknya jumlah penumpang pada musim mudik Lebaran, PT Angkasa Pura II (AP II) mengungkapkan para maskapai mulai mengajukan penambahan penerbangan (extra flight). Hal ini disampaikan General Manajer AP II Bandara SMB II, Iskandar Hamid.

Dia mengatakan setidaknya sudah ada satu maskapai yakni 6R dengan rute penerbangan Palembang-Bangka Belitung yang mengajukan penambahan penerbangan pada pekan di Lebaran nanti.

“Sementara maskapai lain, masih persiapan mengajukan. Saya rasa masih akan penambahan penerbangan oleh maskapai lainnya. Baru satu maskapai yang izin penambangan penerbangan sudah kita terima dan sedang dibahas,” ujarnya.

Penambahan penerbangan dipastikan akan terjadi di bandara SMB II Palembang. AP II memprediksikan peningkatan penumpang pada Lebaran tahun ini akan lebih dari 5%.

“Sekarang ada sedikit kenaikan dibanding tahun lalu. Faktor penyebabnya, karena jumlah pemudik akan lebih banyak tahun ini. Kemungkinan bisa menyentuh kenaikan 6-8% di Palembang,” ungkapnya.

Iskandar memprediksi jumlah penumpang baik keberangkatan maupun kedatangan di bandara SMB II Palembang menyentuh 7.000/hari baik penerbangan domestik dan internasional maka peningkatan bisa mencapai sekitar 800-1.000 orang penumpang perhari.

“Itu hitungan maksimal. Mungkin akan bisa berubah. Faktor lainnya yang menyebabkan kenaikan penumpang yakni hari libur lebaran yang lebih panjang sekaligus bertepatan dengan libur sekolah. Hal ini memungkinkan penumpang akan lebih banyak berpergian dan memilih penerbangan sebagai transporrtasi mereka,” terangnya.

Menyambut Lebaran tahun ini, AP II akan membuka posko pada H-10 hingga h+10 Lebaran. Pembukaan posko terpadu ini hampir sama dengan posko tahun sebelumnya.
Di posko terpadu akan dilengkapi peningkatan petugas keamaan dan gabungan anggota TNI. “Posko akan segera dipersiapkan, termasuk petugasnya yang bekerja sama dengan TNI Lanud Sri Mulyono Herlambang,” pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5292 seconds (0.1#10.140)