Pelindo I Belawan Siap Mengangkut 2.500 Pemudik

Jum'at, 09 Juni 2017 - 02:33 WIB
Pelindo I Belawan Siap Mengangkut 2.500 Pemudik
Pelindo I Belawan Siap Mengangkut 2.500 Pemudik
A A A
BELAWAN - Sepekan menjelang Idul Fitri, arus mudik di terminal Bandar Deli, Sumatra Utara, kedatangan penumpang dengan menggunakan kapal motor KM Kelud melalui pelabuhan Belawan, diprediksi akan mengalami peningkatan.

Kesiapan dalam melayani angkutan Idul Fitri di terminal baru nantinya, akan sanggup menampung 2.500 penumpang, serta juga menyediakan 10 bus mudik bareng ke Aceh dan Tapanuli Selatan, untuk kalangan penumpang KM Kelud dan masyarakat sekitar.

Asisten Menejer Hukum dan Humas Pelindo I cabang Belawan Khairul Aulia kepada media iNews TV, Kamis (8/6/2017) mengatakan, selaku pengelola pelabuhan, Pelindo I cabang Belawan terus melakukan kesiapan dalam melayani mudik di pelabuhan Belawan Idul Fitri ini.

Khairul mengatakan, guna melayani penumpang kapal yang tiba nantinya, Pelindo I cabang Belawan melakukan pembenahan terminal Bandar Deli Belawan.

Pelindo I cabang Belawan di terminal Bandar Deli menyediakan berbagai fasilitas untuk para pemudik, diantaranya seperti layanan kesehatan, tempat ibadah, tempat ibu menyusui balita, tempat bermain anak dan lain-lainnya.

Dikatakannya, salah satunya pelabuhan terminal penumpang baru di Belawan, kapal penumpang KM Kelud berasal dari pelabuhan Tanjung Priok via Batam dan Tanjung Balai Karimun, nantinya akan bersandar di dermaga terminal penumpang Bandar Deli pelabuhan Belawan, dengan membawa penumpang yang pada umumnya pemudik merupakan perantauan yang kini bermukim di kota Batam, Kepulauan Riau.

Mengingat jumlah penumpang KM Kelud akan berbaur dari Batam dan Jakarta yang merupakan rute utama kapal tersebut akan membludak, disamping harga tiket kapal laut yang relatif murah dan bisa membawa barang bawaan yang lebih banyak, ketimbang angkutan udara, nantinya pihak Pelni akan menambahkan jadwal frekwensi pelayaran keberangkatan yang biasanya empat kali dalam sebulan pulang pergi, kini menjadi enam kali ke Batam menuju Belawan.

Humas Pelindo I cabang Belawan ini mengatakan, untuk mengantisipasi membludaknya penumpang kapal laut yang tiba di terminal penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan, saat mudik yang di perkirakan seminggu sebelum dan sesudah Idul Fitri nanti.

"Kami sudah koordinasi dengan pihak terkait, akan menerapkan arus jalan satu arah di jalan stasiun depan terminal dan kenyamanan pemudik di pelabuhan Belawan, serta menyediakan sepuluh bus mudik gratis bagi penumpang kapal motor Kelud dan masyarakat Medan, tujuan Aceh dan Tapanuli Selatan," ujarnya.

Selain itu, Pelindo I cabang Belawan akan terus melakukan pembenahan fasilitas di terminal penumpang terbesar ketiga di Indonesia ini, untuk mempermudah para pemudik Idul Fitri yang menggunakan jasa angkutan laut.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5504 seconds (0.1#10.140)