Pasokan Berlimpah, Harga Ayam di Indramayu Mulai Menyusut

Rabu, 14 Juni 2017 - 11:06 WIB
Pasokan Berlimpah, Harga Ayam di Indramayu Mulai Menyusut
Pasokan Berlimpah, Harga Ayam di Indramayu Mulai Menyusut
A A A
INDRAMAYU - Pasokan ayam dari peternak di wilayah Indramayu, Jawa Barat semakin berlimpah. Di mana, masing-masing peternak telah melakukan panen sedikitnya 30 ton ayam hidup, sehingga membuat harga ayam di pasaran anjlok.

Seluruh peternakan ayam di Kabupaten Indramayu mulai memasuki proses akhir masa produksi, berupa panen ayam dalam jumlah besar. Panen ayam ini sengaja dilakukan mulai pertengahan Ramadan, ayam tersebut sengaja disiapkan untuk memenuhi kebutuhan pasar hingga Lebaran.

Berlimpahnya pasokan ayam dari tingkat peternak/ secara otomatis membuat harga jual ayam di seluruh pasar daerah mulai berangsur turun. Di Indramayu, masing-masing peternakan telah melakukan panen 30 ton ayam segar yang dikirim ke rumah pemotongan ayam dan siap dipasarkan ke pasar tradisional.

Harga ayam di Indramayu bergerak fluktuatif dari semula Rp34 ribu pada awal Ramadan, saat ini dijual dengan harga 31 hingga 32 ribu per kg. Namun, tidak menutup kemungkinan harga ayam ini akan berubah naik lagi dalam waktu singkat.

Tatang, salah seorang pedagang ayam di daerah tersebut memperkirakan harga ayam potong pekan depan akan kembali naik. Harga jual ayam potong saat menjelang Lebaran diprediksi mencapai Rp38 ribu hingga Rp40 ribu per kg.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6616 seconds (0.1#10.140)