Waspadai Sentimen Negatif, Menkeu Hati-hati Susun APBN 2018

Senin, 03 Juli 2017 - 20:19 WIB
Waspadai Sentimen Negatif, Menkeu Hati-hati Susun APBN 2018
Waspadai Sentimen Negatif, Menkeu Hati-hati Susun APBN 2018
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, untuk menyusun APBN 2018, harus memperhatikan beberapa sentimen baik domestik dan internasional. Namun, perlu disadari bahwa perbaikan ekonomi global mulai terlihat di kuartal IV/2016, dan berlanjut di kuartal I/2017.

Sementara, untuk yang negatif, ada beberapa hal yang harus diwaspadi, terlebih lagi terkait isu internasional yang terus bergerak.

"Kami tetap sampaikan seperti kami sampaikan di pokok kebijakan ekonomi makro kami. Yang positif, growth perekonomian global yang positif di kuartal IV terus berlanjut di kuartal I/2017 ini. Yang negatif, kami masih lihat perkembangan kebijakan perdagangan karena internasional tidak disebut pulih secara cepat," katanya di Jakarta, Senin (3/7/2017).

Pihaknya akan melihat secara teliti terkait sustainable ekspor perdagangan karena ekspor merupakan mesin penggerak ekonomi Indonesia. Kemudian untuk masalah geopolitik di negara timur tengah juga menjadi perhatian.

"Kami lihat kondisi geopolitik baik middle east seperti Qatar dengan negara teluk dan Korea Utara dengan negara sekitarnya, dan tentu saja terorisme," ujar dia.

Untuk sentimen eksternal di konteks region, Sri Mulyani akan melihat adjustment ekonomi di China, Korea Selatan, dan Jepang yang merupakan negara yang memengaruhi Asia Timur.

"Terakhir, kebijakan moneter di negara maju apakah The Fed, ECB, atau central bank terutama di China dan Jepang karena akan pengaruhi suku bunga secara global," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.7944 seconds (0.1#10.140)