Investasi Lesu, Pemerintah Gencar Dekati Perusahaan Migas

Jum'at, 07 Juli 2017 - 12:12 WIB
Investasi Lesu, Pemerintah Gencar Dekati Perusahaan Migas
Investasi Lesu, Pemerintah Gencar Dekati Perusahaan Migas
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi menawarkan 15 wilayah kerja (WK) ke 52 perusahaan. Tujuanya untuk menggenjot investasi di sektor minyak dan gas (migas).

Penawaran tersebut bahkan langsung dilakukan Menteri ESDM Ignasius Jonan kali pertama, ESDM membuat perubahan skema karena pada tahun lalu, lelang WK menunggu penawaran. Tahun ini, pemerintah langsung menawarkan ke perusahaan migas.

"Ini menunjukan keseriusan dan kesungguhan untuk mendapatkan investasi di sektor migas lebih besar," ujar Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, di Jakarta, Jumat (7/7/2017).

Menurutnya, kebijakan baru ini diambil pemerintah agar ketika lelang dibuka bisa segera dapat pemenang. Tidak seperti pada tahun lalu banyak yang berminat tapi tidak ada yang menang akhirnya.

Terobosan tersebut juga dilakukan akibat rilis investasi migas yang lesu di pertengahan tahun ini. Hasilnya kurang memuaskan dengan capaian hanya USD3,98 miliar atau 29% dari target. "Nah tahun ini diubah caranaya, kita lebih proaktif," kata dia.

Adapun 15 WK yang dilelang yakni WK Konvensional Reguler Tender yang meliputi Tongkol, East Tanimbar, dan Mamberamo. Lalu WK Konvensional Direct Proposal meliputi Andaman I, Andaman II, South Tuna, Merak Lampung, Pekawai, West Yamdena, Kasuri III.

Selain itu ada WK Non Konvensional yang diisi MNK Jambi I, MNK Jambi II, GMB West Air Komering, GMB Raja, dan GMB Bungamas.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4773 seconds (0.1#10.140)