Harga Minyak Naik Menjelang Pertemuan OPEC

Jum'at, 21 Juli 2017 - 10:03 WIB
Harga Minyak Naik Menjelang...
Harga Minyak Naik Menjelang Pertemuan OPEC
A A A
SINGAPURA - Harga minyak mentah pada perdagangan Jumat (21/7/2017) menguat, mendekati level USD50 per barel, alias pertama kalinya setelah enam minggu gonjang-ganjing. Hal ini disebabkan rencana pertemuan negara-negara pengekspor minyak alias OPEC pada pekan depan.

Melansir dari Reuters, harga minyak Brent International naik 6 sen menjadi USD49,36 per barel pada pukul 01.16 GMT. Dan harga minyak berjangka Amerika Serikat, West Texas Intermediate (WTI) bertambah 7 sen ke USD46,99 per barel.

Kedua tolok ukur ini naik ke tingkat tertinggi sejak awal Juni, setelah selama sebulan terombang-ambing ditengah persediaan minyak mentah dan bahan bakar AS.

Rencana pertemuan utama OPEC dan mulai menurunnya pasokan minyak AS memberi dampak yang kuat terhadap harga. Negara-negara OPEC dan non-OPEC seperti Rusia dijadwalkan bertemu di St. Petersburg, Rusia, pada Senin pekan depan.

Pertemuan tersebut membahas agenda untuk taat pada kesepakatan mengurangi produksi 1,8 juta barel per hari, sepanjang Januari 2017 hingga Maret 2018. Arab Saudi kembali menekankan beberapa negara OPEC, termasuk Libya dan Irak, karena dua negara ini berencana untuk meningkatkan produksi.

Analsi komoditas di Reuters, Wang Tao memperkirakan harga minyak Brent International akan mencapai target di sekitar USD50 per barel.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5737 seconds (0.1#10.140)