Jonan Minta Freeport Atasi Banjir di Tambang Tembagapura

Rabu, 16 Agustus 2017 - 19:05 WIB
Jonan Minta Freeport Atasi Banjir di Tambang Tembagapura
Jonan Minta Freeport Atasi Banjir di Tambang Tembagapura
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengaku sudah mengetahui mengenai peristiwa banjir bandang dan longsor yang melanda kawasan tambang milik PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Papua yang menelan jiwa. Dia meminta raksasa tambang asal Amerika Serikat (AS) tersebut untuk mengatasi kejadian tersebut.

Dia mengungkapkan, manajemen Freeport yang melaporkan kepadanya ikhwal banjir bandang tersebut. Mantan Menteri Perhubungan ini juga telah meminta manajemen untuk segera menanganinya.

"Banjir benar itu. Sudah saya kasih tahu manajemen Freeport di Jakarta untuk ditangani," katanya di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Rabu (16/8/2017).

Meski telah mengetahui peristiwa banjir tersebut, mantan Bos KAI ini mengaku tidak berniat untuk menengok langsung kondisi saat ini. Menurutnya, hal tersebut bisa ditangani di tingkat pemerintah daerah.

"(Rumah) Penduduk ya harus dibenerin. Ya dong. Kalau sampai ada yang rusak itu fasilitasnya dia. Itu kan Pemda biasanya yang melakukan," ujar Jonan.

Seperti diketahui, semalam banjir bandang dan longsor melanda kawasan tambang milik Freeport di Tembagapura Papua. Longsor juga mengakibatkan salah satu power plant Freeport terbakar karena dihantam batu besar. Musibah ini juga menelan korban jiwa.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6825 seconds (0.1#10.140)