HUT ke-72 Indonesia, Bank BTN Lakukan Kerja Nyata untuk Negeri

Jum'at, 18 Agustus 2017 - 15:53 WIB
HUT ke-72 Indonesia,...
HUT ke-72 Indonesia, Bank BTN Lakukan Kerja Nyata untuk Negeri
A A A
JAKARTA - Untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa di momen HUT ke-72 Republik Indonesia, PT Bank Tabungan Negara (Pesero) Tbk melakukan upacara bendera di Museum Pendaratan Pesawat Amfibi Soekarno di Desa Iluta, Kecamatan Batuda'a, Kabupaten Gorontalo.

Upacara bendera yang dilakukan semi terapung di tepi Danau Limboto dihadiri oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo beserta jajaran pemerintah kabupaten serta 200 peserta dari segala lapisan. Direktur Utama Bank BTN Maryono bertindak sebagai inspektur upacara dan Pembantu Letnan Satu Suyanto--anggota Kodim 1304 Gorontalo--bertindak sebagai komandan upacara.

Menurut Maryono, penentuan lokasi upacara di Meseum Pendaratan Pesawat Amfibi Soekarno dilatarbelakangi oleh sejarah kedatangan Presiden Indonesia pertama, Soekarno di Provinsi Gorontalo untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Dengan menjadikan museum ini sebagai tempat upacara, kami mengajak seluruh masyarakat Gorontalo menjunjung tingggi NKRI, mengenang dan mengapresiasi perjuangan para pahlawan Gorontalo menjaga kemerdekaan Indonesia," kata Maryono dalam keterangan tertulis, Jumat (18/8/2017).

Maryono memberikan pesan khusus mengenai HUT ke-72 Kemerdekaan Indonesia agar generasi muda menjaga kesatuan Indonesia. Peran generasi muda sangat krusial di tengah arus informasi yang berkembang lewat media sosial.

Didukung perkembangan teknologi informasi, peran media sosial bisa menjadi pisau bermata dua yang berpotensi memecah belah bangsa, dan sisi lain menjadi media untuk memperat toleransi dan saling menghormati. "Oleh karena itu generasi muda harus terus menggaungkan semangat bahwa kita Indonesia, kita ini Pancasila," kata Maryono.

Selain mengadakan upacara bendera, Bank BTN melakukan kerja nyata dengan menyerahkan bantuan sosial berupa enam unit perahu senilai Rp100 juta ke Kepala Dinas UMKM Kabupaten Gorontalo, Ayuba SG. Perahu tersebut diperuntukkan bagi masyarakat sekitar Danau Limboto.

Sementara di sektor pariwisata, Bank BTN juga menyerahkan bantuan rehabilitasi untuk dua unit homestay atau rumah singgah di Desa Wisata Bahari Olele sebesar Rp100 juta yang diserahkan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Resma Kabakoran.

Bantuan sosial tersebut adalah konsistensi Bank BTN mendukung Program BUMN Hadir untuk Negeri. Selain program wajib tersebut, Bank BTN juga memiliki program tanggung jawab sosial lain yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat. Adapun program tanggung jawab sosial BUMN yang telah Bank BTN laksanakan antara lain pendirian Rumah Kreatif BUMN di sejumlah provinsi di Indonesia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4614 seconds (0.1#10.140)