Commonwealth Bank-Mastercard Dorong Inklusi Keuangan Perempuan

Kamis, 31 Agustus 2017 - 17:54 WIB
Commonwealth Bank-Mastercard Dorong Inklusi Keuangan Perempuan
Commonwealth Bank-Mastercard Dorong Inklusi Keuangan Perempuan
A A A
PT Bank Commonwealth (Commonwealth Bank) dan Mastercard hari ini mengumumkan kerja sama, dalam upaya mendorong peningkatan inklusi keuangan perempuan Indonesia. Kerja sama yang dilakukan di bawah program WISE, meliputi memperkuat jaringan formal dengan menciptakan pertukaran pengetahuan dan kemampuan perempuan pengusaha.

Selanjutnya inovasi lewat teknologi, melalui pengembangan sarana pembelajaran digital, serta pengembangan aplikasi WISE sehingga bisa menjangkau dan berdampak lebih luas secara nasional. Ditambah mengembangkan penelitian dalam literasi dan inklusi keuangan, guna memahami lebih dalam solusi-solusi untuk memperkuat inklusi keuangan dan pertumbuhan ekonomi yang merata di Indonesia.

Di awal tahun 2017, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mempublikasikan riset literasi dan inklusi keuangan Indonesia. Literasi keuangan berada di level 29,66%, sementara inklusi keuangan sebesar 67,82%. Data ini menunjukkan pentingnya kontribusi pelaku industri dalam mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan lewat program-program edukasi, sehingga dapat membantu pemerintah dalam merealisasikan target inklusi keuangan sebesar 75% pada tahun 2019.

“Kami sangat senang atas terwujudnya kerja sama dengan Mastercard, terutama melihat kesamaan komitmen antara kedua perusahaan dalam mendukung upaya pemerintah untuk merealisasikan target indeks literasi dan inklusi keuangan,” ujar Presiden Direktur Commonwealth Bank Lauren Sulistiawati.

Lebih lanjut Ia menerngkan Commonwealth Bank meyakini bahwa peningkatan pemahaman sekaligus akses ke layanan finansial, khususnya melalui jalur digital, akan membantu masyarakat Indonesia untuk mencapai kesejahteraan finansial yang lebih baik. Serta turut memperkuat ekonomi Indonesia secara keseluruhan.

"Melalui program WISE, kami fokus pada perempuan Indonesia karena mereka memiliki pengaruh finansial yang lebih besar dalam kehidupan pribadi mereka dan di dalam komunitas lokal yang lebih luas. Saat ini, lebih dari 2.500 perempuan Indonesia telah mengikuti kelas WISE secara tatap muka dan lebih dari 3.500 orang telah mengunduh digital platform WISE App untuk mendukung literasi keuangan perempuan Indonesia," paparnya.

Berdasarkan data dari International Finance Corporation, setengah dari perusahaan kecil menengah Indonesia dimiliki oleh perempuan, dan berkontribusi sebesar 9,1% terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) negara. Commonwealth Bank dan Mastercard akan membantu mendorong pertumbuhan bisnis perempuan pengusaha Indonesia dengan meningkatkan kemampuan bisnis, pemahaman akan pembiayaan, serta menambah pengetahuan mengenai pelanggan dan tren pasar.

Selain itu, Commonwealth Bank dan Mastercard juga akan berinvestasi dalam penelitian, sehingga bersama-sama dapat mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuat dan inklusif.

"Inklusi keuangan adalah bagian tidak terpisahkan dari komitmen Mastercard terhadap Indonesia. Kami percaya bahwa dengan membantu memaksimalkan potensi perempuan pengusaha dalam memperluas bisnis mereka akan turut mendukung pengurangan ketimpangan penghasilan sekaligus memperkuat usaha kecil dan menengah sebagai mesin pertumbuhan ekonomi Indonesia," sambung Division President, Indonesia, Malaysia and Brunei, Mastercard Safdar Khan.

Ia juga menyakini bahwa kerja sama kami dengan Commonwealth Bank akan memberikan kontribusi ekonomi untuk usaha kecil dan menengah sekaligus meningkatkan kualitas kehidupan perempuan pengusaha dan keluarga mereka. Melalui kerja sama ini, Commonwealth Bank dan Mastercard berharap dapat mempercepat perubahan dan peningkatan kualitas sumber daya untuk menghasilkan peningkatan inklusi keuangan yang nyata bagi perempuan Indonesia, khususnya perempuan pengusaha.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6158 seconds (0.1#10.140)