Tren Penguatan Rupiah Masih Tampak

Rabu, 13 September 2017 - 08:36 WIB
Tren Penguatan Rupiah Masih Tampak
Tren Penguatan Rupiah Masih Tampak
A A A
JAKARTA - Pelemahan rupiah yang terjadi dapat dikatakan masih cukup wajar, mengingat penguatan yang cukup signifikan dalam beberapa hari sebelumnya.

Tren penguatan pun masih tampak terlihat. Meski demikian, mulai adanya kenaikan USD dapat kembali menghambat potensi penguatan rupiah selanjutnya.

"Tetap mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat pergerakan rupiah kembali variatif maupun berbalik arah melemah," ujar Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Rabu (12/9/2017).

Reza memperkirakan, rupiah akan bergerak dengan kisaran di level support Rp13.227/USD dan resisten Rp13.150/USD.

Sementara, pergerakan USD kemarin yang mulai menguat menghambat potensi kenaikan rupiah. Terapresiasinya rupiah hingga mencapai level tertingginya membuat pelaku pasar melepas posisi. Sementara pergerakan USD yang cenderung melemah, dimanfaatkan pelaku pasar untuk masuk ke mata uang tersebut.

Kenaikan USD seiring dengan turunnya permintaan atas aset-aset valas safe haven lainnya, antara lain JPY, EUR, dan SWF setelah kekhawatiran atas imbas badai Irma dan kondisi di Korea Utara kian mereda.

"Adanya komentar dari PBoC yang berencana untuk memangkas persyaratan cadangan untuk lembaga keuangan yang menyelesaikan posisi forward valas yuan membuat mata uang tersebut terdepresiasi dan membuat USD menguat, sehingga berimbas pada melemahnya rupiah," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5959 seconds (0.1#10.140)