Pembiayaan Motor Melambat, Adira Finance Fokus Garap Mobil

Kamis, 21 September 2017 - 01:12 WIB
Pembiayaan Motor Melambat, Adira Finance Fokus Garap Mobil
Pembiayaan Motor Melambat, Adira Finance Fokus Garap Mobil
A A A
BANDUNG - Perlambatan keuangan di Indonesia, ternyata berdampak pada bisnis pembiayaan. Adira Finance mencatat, perlambatan terbesar dirasakan pada pembiayaan sepeda motor.

Kepala Wilayah Adira Finance area Jawa Barat (Jabar) Insan Ansari mengatakan, tahun ini pembiayaan sepeda motor di wilayah Jawa Barat mengalami pertumbuhan stagnan dibandingkan tahun lalu. Bahkan, Adira Finance mencatat tak ada growth pada pembiayaan roda dua.

"Pembiayaan roda dua cenderung stagnan, tak sebagus tahun lalu. Tapi di sisi lain, pembiayaan mobil justru tumbuh lebih baik. Market itu yang kami ambil," kata Insan saat sosialisasi program Adira Finance untuk Indonesia, di Trans Studio Mall, Bandung, Rabu (20/9).

Menurut dia, pembiayaan mobil bahkan berkontribusi besar terhadap pertumbuhan kinerja Adira Finance pada semester I/2017. Adira mencatat rata-rata pertumbuhan 8%, sebanding dengan kinerja Adira secara nasional.

Insan menyebut, outstanding pembiayaan Adira Finance di Jabar hingga kini mencapai Rp4 triliun dengan 390.000 nasabah. Dari jumlah itu, sekitar 65% pembiayaan masih tersalurkan untuk motor, 33% mobil, dan sisanya pembiayaan lainnya seperti elektronik dan furniture.

Untuk meningkatkan penetrasi nasabah, lanjut dia, Adira Finance terus memperluas jangkauan dengan menggandeng sejumlah patner bisnis. Misalnya menambah jaringan dealer nasional, patner formal dan informal, kedai bayar, dan lainnya.

"Kami pun memiliki agen dan kedai bayar yang tersebar di seluruh wilayah untuk meningkatkan marketing kami. Jumlahnya mencapai ribuan. Agen masyarakat misalnya, ternyata cukup membantu penjualan kendaraan dan pembiayaan motor. Bisa satu bulan menjual 35 unit," kata dia.

Kiprah Adira Finance yang telah menginjak 27 tahun, lanjut dia, juga telah menjadikan perusahannya tak hanya menggarap pembiayaan otomotif saja. Saat ini, Adira menjadi perusahaan multi chanel dan multi produk. "Kami membiayai semua merek kendaraan baru dan second. Kami pun ada produk dana tunai, elektronik, handphone, furniture, rumah, umroh, dan lainnya," beber dia.

Dalam rangka merayakan 27 tahun kiprahnya di Indonesia, Adira Finance rencananya akan menggelar fun walk dan fun run di Bandung pada 8 Oktober 2017 mendatang. Berbagai hadiah menarik disipakan panitia bagi mereka yangh mendaftar menjadi peserta.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7155 seconds (0.1#10.140)