MNC Sekuritas: Prospek Pasar Surat Utang Gemilang Pada 2018

Selasa, 03 Oktober 2017 - 19:48 WIB
MNC Sekuritas: Prospek Pasar Surat Utang Gemilang Pada 2018
MNC Sekuritas: Prospek Pasar Surat Utang Gemilang Pada 2018
A A A
DENPASAR - Pertumbuhan ekonomi yang stabil diproyeksi membuat prospek pasar surat utang di Indonesia pada 2018 bakal gemilang. Terkendalinya laju inflasi dan rendahnya suku bunga diprediksi menjadi faktor pendorong yang kuat bagi bonds market tahun depan.

I Made Adi Saputra, Fixed Income Analyst PT MNC Sekuritas, memaparkan 'Bonds Market Outlook 2018' pada acara 'Seminar Economic Outlook 2018'. Seminar yang digelar oleh Perkumpulan Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) Komisariat Daerah (KOMDA) VI Jawa Timur dilakukan pada Senin, 2 Oktober 2017.

Dia menjelaskan, menjelang tutup tahun 2017 dan menyambut 2018, kondisi perekonomian akan memberikan tantangan dan peluang investasi bagi industri Dana Pensiun. Sehingga, penting bagi pengurus Dana Pensiun memperoleh informasi sebagai acuan dalam mengelola asetnya, sehingga memberikan dampak positif bagi kinerja investasi.

“Prospek pasar surat utang di tahun 2018 masih menarik, didukung oleh terkendalinya laju inflasi serta suku bunga rendah. Namun demikian, ancaman dari faktor eksternal berupa kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral Amerika serta normalisasi kebijakan Bank Sentral Eropa akan mempengaruhi kinerja pasar surat utang di tahun 2018,” ungkapnya.

Kehadiran MNC Sekuritas merupakan komitmen perseroan di bawah naungan bendera MNC Group untuk meningkatkan literasi keuangan di Indonesia. Seminar tersebut dihelat di Hotel Harris Kuta, Bali, yang dihadiri oleh lebih dari 50 orang. Di antaranya, Dewan Pengawas atau Sekretariat Dewan Pengawas, pengurus, mitra, staf dan pelaksana Dana Pensiun.

Dalam seminar nasional ini, juga turut hadir sebagai pembicara ekonom A. Tony Prasetiantono, Ph. D. dengan membawakan tema “Perekonomian Indonesia di Tengah Ketidakpastian Global.”

Bukan hanya memberikan informasi seputar kondisi ekonomi di pasar surat utang pada 2018 secara global dan regional, Made juga memberikan strategi investasi dalam pengelolaan portofolio oleh Dana Pensiun. Dia berharap para pengurus Dana Pensiun mampu merencanakan portofolio investasi yang tepat untuk mencapai return yang optimal.

"Strategi yang sesuai dengan kondisi pasar surat utang 2018 adalah dengan melakukan strategi trading, dengan pilihan pada obligasi negara yang memiliki tenor menengah dan panjang,” jelasnya.

MNC Sekuritas terus aktif melakukan edukasi dan update informasi seputar dunia pasar modal. Dalam rangka mendukung bulan Inklusi Keuangan yang diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Oktober 2017, MNC Sekuritas berupaya meningkatkan pemahaman masyarakat serta penambahan rekening terhadap produk dan jasa keuangan, terutama di bidang pasar modal melalui sedikitnya 70 kegiatan edukasi, baik yang diselenggarakan oleh Kantor Pusat maupun oleh 95 point of sales yang tersebar di wilayah Indonesia.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.0003 seconds (0.1#10.140)