Kadin Akan Tindak Lanjuti Kerja Sama dengan Laos

Kamis, 12 Oktober 2017 - 19:34 WIB
Kadin Akan Tindak Lanjuti...
Kadin Akan Tindak Lanjuti Kerja Sama dengan Laos
A A A
JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan menindaklanjuti kerja sama dengan Laos. Selain mengkonkretkan bentuk kerja sama, juga menjajaki investasi di Laos.

(Baca Juga: Kadin Gelar Forum Bisnis Bareng 38 Pengusaha Laos)

"Kami akan ke Laos secepatnya. Pertemuan di Indonesia baru pertemuan awal, sehingga perlu pertemuan tidak lanjut," ungkap Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perdagangan, Benny Soetrisno usai forum bisnis dengan 38 pengusaha Laos di Grand Hyatt Hotel Jakarta, Kamis (11/10/2017).

Menurutnya, pada pertemuan hari ini belum membahas spesifikasi model kerja sama. Karena, dalam pertemuan baru dipaparkan potensi Laos, khususnya potensi Laos sebagai lokasi produksi untuk barang yang diekpor ke Myanmar, Vietnam, Kamboja, dan Thailand.

"Yang mungkin bisa kita lakukan dalam waktu dekat adalah membuat pabrik di Laos kemudian barang produksi dikirim ke negara tetanganya," katanya.

Karena, lanjut Benny, Laos untuk tenaga kerja masih sangat murah. Sebab, disebutkan upah tenaga kerja di Laos hanya USD110. Selain itu, sewa lahannya juga sangat murah. Hanya sekitar Rp7.000 peremeter persegi.

"Bandingkan kalau di Indoensia semua mahal. Makanya yang memungkinkan adalah membuat pabrik dengan raw matrial dari China. Sebab antara Laos dengan China hanya dengan angkutan trul sudah sampai," kata dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0659 seconds (0.1#10.140)