BPS Tunggu Data Ekonomi RI Kuartal III dari Kemenkeu

Senin, 16 Oktober 2017 - 14:50 WIB
BPS Tunggu Data Ekonomi RI Kuartal III dari Kemenkeu
BPS Tunggu Data Ekonomi RI Kuartal III dari Kemenkeu
A A A
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) pada 6 November 2017 akan merilis data Product Domestic Bruto (PDB) atau pertumbuhan ekonomi kuartal III/2017. Namun sampai saat ini, BPS belum memiliki angka proyeksi lantaran masih harus melihat data kondisi ekonomi yang akan diberikan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada pekan depan.

Kepala BPS Kecuk Suhariyanto menjelaskan, data komplit kondisi ekonomi untuk kuartal III masih di Kemenkeu. "Saya belum dapat komplitnya, masih menunggu dari Kemenkeu, saya baru dapat dari Kemenkeu datanya, biasanya minggu depan," ungkap dia di kantornya, Senin (16/10/2017).

Dia berharap, dari sisi ekspor memberikan siklus cukup baik untuk mendongkrak angka PDB kuartal III. Terlebih lagi dari sisi konsumsi rumah tangga yang memang sangat diharapkan banyak.

"Ya kalau kita lihat share-nya yang menggerakkan memang masih konsumsi rumah tangga, kemudian investasi dan pemerintah. Kalau dari segi surplus kita membesar itu yang kita harapkan. Saya belum tahu persis," kata Kecuk.

Namun, dengan inflasi yang terkendali saja sebetulnya sudah bisa memberikan angka positif terhadap PDB Indonesia, terlebih angka inflasi dari bulan ke bulan menunjukkan angka yang baik.

"Kalau kita lihat inflasi sangat terkendali. Ketika inflasi terkendali, daya beli akan naik, kita harapkan konsumsi rumah tangga akan bergerak. Itu yang kita harapkan," imbuhnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5740 seconds (0.1#10.140)