Realisasi Penerimaan Pajak Tahun Ini Diramal Meleset

Rabu, 25 Oktober 2017 - 17:02 WIB
Realisasi Penerimaan Pajak Tahun Ini Diramal Meleset
Realisasi Penerimaan Pajak Tahun Ini Diramal Meleset
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan hingga September 2017 telah mengumpulkan pajak sebesar 60% dari target. Adapun target penerimaan pajak yang dipatok tahun ini sebesar Rp1.283,57 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2017.

Dengan angka pencapaian penerimaan Rp791,9 triliun atau turun 2,79% secara yeay on year (yoy) pada periode yang sama tahun lalu. Penerimaan diperkirakan hingga akhir tahun shortfall pajak bisa mencapai Rp140 triliun.

"Perhitungan kami tahun ini (target pajak tercapai) 89-92% tapi paling-paling 89%lah ya. Jadi shortfall-nya antara Rp102-140 triliun," ujar Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Dia menambahkan ada beberapa faktor memang yang menghambat penerimaan untuk tahun ini dapat mencapai target meskipun waktunya tinggal 2 bulan lagi yakni November-Desember. "Kita enggak punya sumber pendapatan lain, kecuali mengandalkan APBN/APBD kan, belanja pemerintah saja. Di luar itu tidak banyak saya kira," imbuh dia.

Berkaitan dengan kabar akan pensiunnya Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi pada 1 Desember nanti, Prastowo menilai juga tidak akan mempengaruhi penerimaan pajak Indonesia, karena sudah by system yang bekerja

"Harusnya tidak berpengaruh. Ini memang enggak lagi tergantung pada individu, tapi sudah pada system. Paling penting memastikan jangan ijon. Maksudnya hanya menggeser penerimaan dan tidak sehat juga baik bagi perusahaan dan pemerintah. Menurunkan kredibilitas jadinya," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7418 seconds (0.1#10.140)