BRI dan ASDP Kerja Sama Pemanfaatan Layanan Perbankan

Rabu, 01 November 2017 - 16:42 WIB
BRI dan ASDP Kerja Sama Pemanfaatan Layanan Perbankan
BRI dan ASDP Kerja Sama Pemanfaatan Layanan Perbankan
A A A
JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Bank BRI) menjalin kerja sama melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengenai Pemanfaatan Jasa Layanan Fasilitas Perbankan.

Kegiatan ini sejalan dengan program Kementerian BUMN untuk mendorong terciptanya kerjasama strategis antar lembaga BUMN yang diarahkan kepada digitalisasi dan produktivitas bisnis BUMN dan bertujuan pada efisiensi dan efektivitas bisnis perseroan.

Direktur Kredit Menengah, Korporasi dan BUMN Bank BRI Kuswiyoto mengatakan, kerja sama ini akan meningkatkan volume dan kualitas bisnis masing-masing pihak ke depan. "Diharapkan dengan sinergi ini masyarakat luas akan semakin merasakan kehadiran BUMN di tengah-tengah masyarakat," kata dia di Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Bank BRI dan ASDP juga melakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS), yakni mengenai Layanan BRIVA Online pada e-ticketing ASDP.

Ruang lingkup kerja sama ini nantinya adalah penyediaan layanan dan pemanfaatan produk dan jasa perbankan, seperti pemberian kredit modal kerja dan investasi, upgrade layanan payroll, penerbitan kartu identitas pegawai BUMN-ASDP.

Selain itu, layanan pembayaran ticketing online, e-payment system, co-branding BRIZZI, dan layanan pembiayaan penyediaan bahan bakar serta layanan perbankan lainnya.

Kuwiyoto menuturkan, salah satu keuntungan dalam sinergi BUMN tersebut, yakni layanan pemesanan tiket ASDP melalui website dengan melakukan pembayaran tiket menggunakan BRIVA melalui channel BRI.

"Tentu pengguna jasa akan dimudahkan, karena pembelian dapat dilakukan dimana saja, tidak ada maksimum pembelian tiket, bebas antre, akses pembayaran lebih mudah dan mendapatkan fasilitas gate dan ruang tunggu khusus di pelabuhan bagi pengguna jasa yang membeli tiket via online, katanya lagi," terangnya.

Selain itu, kerja sama tersebut juga akan mendorong pengelolaan layanan keuangan ASDP agar lebih efektif dan efisien yang host to host dengan sistem Bank BRI. Bank BRI akan siap melayani ASDP melalui layanan perbankan yang teintegrasi dari hulu ke hilir untuk semua lini bisnis ASDP di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini juga akan mendukung akselerasi program cashless society atau Gerakan Nasional Non-Tunai yang telah dicanangkan oleh BI dan Otoritas Jasa Keuangan RI. Tidak hanya itu, kerja sama ini juga diharapkan mampu meningkatkan mobilitas masyarakat yang tinggal di pesisir atau di daerah tepian perairan sehingga dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan.

Kerja sama antara ASDP dan BRI ini juga diharapkan dapat berkontribusi positif bagi peningkatan kinerja bisnis masing-masing perusahaan.

"Khususnya PT ASDP akan sangat terbantu dalam hal pengelolaan keuangan perusahaan guna mewujudkan Visi perusahaan, agar menjadi peusahaan jasa pelabuhand dan penyeberangan yang terbaik dan terbesar di tingkat regional, serta mampu memberikan nilai tambah bagi stakeholders," tambah Direktur Komersial PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) M Yusuf Hadi.

Bank BRI selama ini telah menjadi Bank Operasional ASDP dan telah melayani kebutuhan ASDP baik secara Korporasi berupa pick up service, cash manajemen system (CMS), maupun corporate card untuk karyawan ASDP, layanan payroll, DPLK, dan BRIguna.

"BRI siap memberikan pelayanan perbankan menyeluruh kepada masyarakat pengguna kapal dan transportasi ASDP," kata Kuswiyoto.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8574 seconds (0.1#10.140)