Empat Kapal Ternak Dipastikan Siap Beroperasi Akhir Tahun

Kamis, 02 November 2017 - 14:11 WIB
Empat Kapal Ternak Dipastikan Siap Beroperasi Akhir Tahun
Empat Kapal Ternak Dipastikan Siap Beroperasi Akhir Tahun
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan bahwa akan ada tambahan empat kapal ternak baru yang beroperasi akhir tahun ini. Saat ini, baru ada satu kapal ternak yang beroperasi di Indonesia.

Adapun kapal khusus ternak yang telah beroperasi di Indonesia adalah KM Camara Nusantara I. Kapal tersebut mengangkut sapi dari Nusa Tenggara Timur (NTT) ke DKI Jakarta. "Sekarang ada kapal ternak yang sudah beroperasi satu. Tapi Desember akan ada empat lagi kapal ternak," katanya di Gedung Kemendag, Jakarta, Kamis (2/11/2017).

Nantinya, sambung mantan Ketua Umum Realestat Indonesia (REI) ini, kapal ternak tidak hanya akan beroperasi di NTT saja. Sebab, beberapa daerah juga memiliki potensi ternak yang bisa di-supply ke daerah lain yang membutuhkan.

"NTB juga punya potensi. Karena Bupati Bima mengatakan NTB punya potensi. Karena ternak sebagian provinsi membutuhkan seperti sulawesi. Oleh karena itu, bagi provinsi yang surplus dasn kurang, jembatan kapal ini bisa dilakukan," imbuh dia

Menurutnya, kehadiran kapal ternak tersebut membuat harga ternak yang ada di NTT menjadi lebih kompetitif dengan yang ada di Jakarta. Selain itu, peternak di NTT juga memiliki kepastian untuk memproduksi ternaknya dan dengan harga yang relatif lebih baik.

"Satu sisi memberikan kompetisi harga yang ada di Jakarta, tapi paling tidak ada suatu kepastian kapal dari NTT khususnya ke Jakarta yang memastikan mereka bisa memproduksi ternak tersebut dengan harga yang relatif baik dari sebelumnya," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5401 seconds (0.1#10.140)