Koperasi Garuda Siapkan Hunian Eksklusif bagi Awak Pesawat

Jum'at, 10 November 2017 - 14:54 WIB
Koperasi Garuda Siapkan Hunian Eksklusif bagi Awak Pesawat
Koperasi Garuda Siapkan Hunian Eksklusif bagi Awak Pesawat
A A A
PERSAINGAN bisnis maskapai semakin ketat. Salah satu cara memenangkan persaingan yakni terus meningkatkan layanan prima pada pelanggan. Misalnya memenuhi aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan.

Pelayanan prima tersebut harus ditopang sumber daya manusian (SDM) yang berkualitas dan mampu mengelola serta mengatur irama kegiatan kerjanya. Itu yang coba dipenuhi oleh maskapai Garuda Indonesia.

Namun untuk mewujudkannya bukanlah hal yang mudah. Apalagi para awak pesawat, baik Garuda Indonesia maupun Citilink yang memiliki mobilitas yang tinggi, yang tentunya harus didukung pola operasional yang efektif. Tujuannya agar awak pesawat akan merasakan keamanan dan kenyamanannya terjamin ketika menjalankan pekerjaannya sehari-hari.

Koperasi Garuda Siapkan Hunian Eksklusif bagi Awak Pesawat


Terkait hal ini, Koperasi Awak Pesawat Garuda Indonesia (KOAPGI) memandang penting untuk menyediakan hunian yang nyaman bagi para awak pesawat Garuda Indonesia. Hal ini tertuang dalam hasil Rapat Anggota Tahunan ke XV tanggal 27 April 2017.

Dalam rapat tersebut diputuskan Pengurus KOAPGI mendirikan guest house sebanyak 60 kamar yang berlokasi di sekitar wilayah Kosambi, Tangerang. Ini sebagai alternatif hunian sementara bagi para karyawan, khususnya awak pesawat PT Garuda Indonesia Group yang akan atau sedang melaksanakan pelatihan di Garuda Indonesia Training Center (GITC) dengan segala fasilitas yang sangat memadai. Secara resmi operasional guest house dikelola KOAPGI di bulan Oktober 2017 ini.

Keputusan lain adalah KOAPGI telah merencanakan sebuah pengembangan usaha di sektor riil dengan melakukan peningkatan jumlah hunian yang permanen dan eksklusif berupa apartemen bernama Sky High Tower Apartemen. Ini merupakan langkah konkret KOAPGI mendukung program efisiensi dan efektifitas PT Garuda Indonesia, khususnya dalam penghematan biaya transportasi bagi para awak pesawat yang semakin hari semakin membengkak.

KOAPGI tercatat memiliki lebih dari 5.000 orang anggota dan didirikan oleh para awak pesawat Garuda Indonesia merupakan salah satu Koperasi di lingkungan PT Garuda Indonesia (persero) Tbk. Badan ini bertujuan membangun kebersamaan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya, yang saat ini telah berkembang meliputi para awak pesawat dan karyawan serta mantan karyawan (Purnabakti) PT Garuda Indonesia Group.

Sky High Tower Apartemen
Sky High Tower Apartemen adalah salah satu karya konseptual dari KOAPGI, berupa permukiman terpadu atau kos bintang lima. Apartemen ini diperuntukan bagi komunitas awak pesawat dan karyawan Garuda Indonesia Group.

Koperasi Garuda Siapkan Hunian Eksklusif bagi Awak Pesawat


Gagasan ini juga merupakan pintu utama pemersatuan antarkoperasi yang berada di lingkungan PT Garuda Indonesia sebagai salah satu cikal bakal terbentuknya Asosiasi Koperasi Garuda Indonesia yang akan mewadahi berbagai kegiatan antarkoperasi dalam aspek usaha satu atap. Oleh karena itu Asosiasi Koperasi Garuda Indonesia Group menjadi pendukung utama dalam kegiatan Sky High Tower Apartemen ini

Direncanakan hunian ini dibangun secara eksklusif dan berlokasi di kawasan antara Green Lake City dan Metland Cyber City, Tangerang. Lokasinya sangat strategis. Berjarak sekitar 2 km dari Garuda Indonesia Training Center (GITC) dan 20 menit menuju Bandara International Soekarno-Hatta.

Hunian ini akan mengedepankan aspek kenyamanan, keamanan dan privasi bernuansa airlines bagi penghuninya. Tentunya dilengkapi dengan segala fasilitas yang dibutuhkan. Salah satunya shuttle bus sebagai pendukung kegiatan operasional penerbangan.

Koperasi Garuda Siapkan Hunian Eksklusif bagi Awak Pesawat


Apartemen tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas, di antaranya kamar tidur beserta tempat tidurnya, ruang tamu (sofa dan meja), ruang kerja (meja untuk komputer dan internet), dapur kering, kamar mandi, telepon dan internet (WiFi) serta air conditioning (AC).

Kawasan hunian rencana juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum, di antaranya manajemen apartemen, pengendalian operasional terbang dan transport shuttle bus ke GSO/terminal, klinik crew center untuk menunggu shuttle bus, ruang crew operation control, ruang klinik kesehatan, serta ruang keamanan. Hunian juga dilengkapi fasilitas sky rooftop, sky garden, sky tech, sky gym sky pool, sky library, sky beauty, sky bridge, sky clinic, ticketing office hingga bank dan ATM center. (*/info)
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6014 seconds (0.1#10.140)