Pertumbuhan Manufaktur China Tak Terduga Meningkat

Kamis, 30 November 2017 - 12:25 WIB
Pertumbuhan Manufaktur China Tak Terduga Meningkat
Pertumbuhan Manufaktur China Tak Terduga Meningkat
A A A
BEIJING - Pertumbuhan sektor manufaktur China secara tidak terduga meningkat pada November, meski gencar untuk mengurangi polusi udara dan pasar properti yang mendingin yang telah diperkirakan secara luas akan mempertimbangkan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Data optimis tersebut akan membantu meredakan kekhawatiran, untuk saat ini bahwa kampanye Beijing untuk mengekang risiko berlebih di sektor keuangan bisa menyebabkan perlambatan ekonomi China yang lebih tajam dari perkiraan.

"Banyak orang (meramalkan) perlambatan siklis, tapi kita belum melihat hal itu, sepertinya momentum saat ini dapat dipertahankan sampai setidaknya awal tahun depan," kata Zhou Hao, ekonom Commerzbank.

Indeks Pembelian Manajer Operasional (PMI) yang dirilis pada hari ini berada di angka 51,8 untuk November, dibanding bulan sebelumnya di angka 51,6. Ini berada di atas 50 poin yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi setiap bulan untuk bulan ke 16 secara berturut-turut.

Analis yang disurvei Reuters memperkirakan akan masuk ke angka 51,4, mereda untuk kedua bulan berturut-turut setelah level tertinggi lebih dari lima tahun pada September.

Pengeluaran infrastruktur pemerintah yang besar, pasar properti yang tangguh dan kekuatan ekspor yang tak terduga, perusahaan manufaktur dan industri China telah menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi yang memperkirakan tumbuh hampir 6,9% sepanjang tahun ini.

Zhao Qinghe mengataan, sektor manufaktur barang berteknologi tinggi dan barang konsumsi pada November cukup tinggi meski beberapa industri tradisional masih terus berjuang.

Data ekonomi Oktober mengecewakan analis karena investasi, produksi industri dan pertumbuhan ekspor melambat, meningkatkan kekhawatiran bahwa perlambatan yang diperkirakan telah terjadi, meskin PMI hari ini mencatat bahwa masih ada momentum yang kuat di sektor manufaktur besar China.

Namun, beberapa ekonom melihat pertumbuhan ekonomi kuartal keempat melambat menjadi sekitar 6,6% persen, dan melambat ke 6,4% pada 2018, karena biaya pinjaman meningkat dan dorongan dari proyek infrastruktur sebelumnya mulai memudar.

"Kami meragukan momentum saat ini di bidang manufaktur akan dipertahankan mengingat sektor ini menghadapi kenaikan headwinds dalam beberapa bulan ke depan dari tindakan keras anti-polusi, pertumbuhan kredit yang lamban, pengurangan dukungan fiskal dan pasar properti yang mendingin," ekonom Capital Economics Julian Evans-Pritchard menulis dalam sebuah catatan.

Seorang regulator perbankan senior mengatakan bahwa ekonomi China dapat menghadapi risiko turun segera setelah kuartal pertama tahun depan karena ekonomi berjuang untuk pertumbuhan yang berkelanjutan dalam menghadapi upaya pemerintah untuk mengempiskan gelembung aset.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5274 seconds (0.1#10.140)