Perusahaan Ini Rangkul Karyawan Disabilitas

Kamis, 30 November 2017 - 22:41 WIB
Perusahaan Ini Rangkul Karyawan Disabilitas
Perusahaan Ini Rangkul Karyawan Disabilitas
A A A
JAKARTA - Langkah pemerintah agar perusahaan di Indonesia memberikan porsi lebih untuk karyawan penyandang cacat atau disabilitas belum berjalan sepenuhnya. Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap ada perusahaan khusus yang memperkerjakan mereka.

Namun, dalam realiasasinya belum terwujud. Atas hal tersebut, PT Anugraha Wening (Anweca), perusahaan yang bergerak di bidang garment & trading berinisitaif merangkul penyandang disabilitas menjadi karyawan.

Bersama anak perusahaannya, PT Adita Dhanya Anindita (ADA) yang berlokasi di Jawa Tengah, Anweca mempekerjakan penyandang disabilitas tuna rungu (tuli) yang telah mendapat pendidikan keterampilan jahit.

Founder Anweca, Donda Lucia Hutagalung mengatakan, sejak beberapa tahun lalu ada kesempatan bagi para disabilitas tuna rungu bekerja di perusahaannya. Kesempatan membuka pekerjaan bagi para disabilitas terus dilakukan.

"Mereka sangat membantu di bagian produksi. Para difabel bekerja dengan tekun, rapi dan sangat fokus. Produk yang dihasilkan adalah pakaian mandatory corporate needs, antara lain safety vest, flame resistant clothing, rainwear dan sebagainya," ujar Donda di Jakarta, Kamis (30/11/2017).

Klien utama Anweca adalah perusahaan tambang besar di wilayah Indonesia timur, yang mensyaratkan mutu standar internasional. Selain itu terdapat beberapa perusahaan BUMN di bidang tambang dan migas.

"Untuk produk baju anti-api, pelanggan utama adalah perusahaan minyak terbesar di wilayah Indonesia Barat. Untuk produk anti-peluru pelanggan utama adalah Polri. Selain itu, pelanggan lainnya rata-rata perusahaan pertambangan di Indonesia beserta para Kontraktornya," ungkapnya.

Donda menuturkan, dalam perekrutan SDM disabilitas, perusahaan bekerja sama dengan yayasan yang memberikan pendidikan dan pelatihan keterampilan untuk kaum disabilitas tuli di beberapa kota Indonesia.

"Dalam jangka menengah dan panjang kami berharap semakin banyak kaum disabilitas yang dapat bekerja di perusahaan ini, tidak terbatas hanya di bagian produksi, tapi lebih luas di bagian lain. Bukan tak mungkin suatu saat dapat mewujudkan sebuah difabel garment," terangnya.

Kusuma Prabandari, pemerhati disabilitas tuli mengatakan, kepedulian Anweca dan ADA dalam mempekerjakan para penyandang disabilitas tidak lepas dari kepedulian para pelanggan yang merupakan instansi, lembaga, perusahaan besar yang peduli pada kaum disabilitas.

"Para pelanggan ingin memberikan kontribusi positif bagi kaum disabilitas agar dapat mandiri secara ekonomi. Jadi, jika pelanggan tetap mempercayakan kebutuhan garmennya kepada Anweca dan ADA, secara otomatis semakin banyak kaum disabilitas yang tertolong dalam kemandrian ekonomi mereka," tandasnya

Sebagai bentuk kepedulian sosial, Anweca dan ADA akan mendukung Hari Disabilitas Internasional pada Desember mendatang. Perusahaan menyadari para karyawan, khususnya kaum disbilitas telah berkontribusi besar menjadi bagian dari proses produksi perusahaan.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4984 seconds (0.1#10.140)