Kemenperin Siap Terapkan Safeguard Buat Lindungi Industri Garmen Nasional

Sabtu, 13 Juni 2020 - 17:06 WIB
loading...
Kemenperin Siap Terapkan Safeguard Buat Lindungi Industri Garmen Nasional
Gedung Kementerian Perindustrian. Foto/Setkab.go.id
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian berkomitmen melindungi industri garmen nasional dari gempuran produk impor. Salah satu langkah yang diambil adalah penerapan tindakan pengamaman atau safeguard untuk menjaga pasar garmen di dalam negeri.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan Kemenperin akan memberikan perlindungan melalui penerapan safeguard bagi industri garmen.

"Safeguard ini kami usulkan karena terjadi peningkatan impor di sektor ini dalam tiga tahun terakhir," terang Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih di Jakarta, Sabtu (13/6/2020).

Dia mengatakan, berdasarkan data BPS yang diolah Kemenperin, pada periode 2017-2019, angka impor produk garmen mencapai USD2,38 miliar.

"Tingginya angka impor di sektor ini merupakan hal yang harus disikapi secara serius oleh Kemenperin. Impor yang tinggi ini dapat menutup potensi pasar dalam negeri karena produk-produk impor tersebut harganya relatif murah," imbuhnya.

Kata Gati, kebijakan safeguard tidak hanya melindungi industri garmen dari masuknya produk impor, tetapi juga dapat mendorong pertumbuhan sektor potensial tersebut.

"Perlindungan terhadap industri garmen harus segera dilakukan, mengingat kontribusi sektor tersebut kepada PDB cukup besar hingga mencapai 5,4% pada tahun 2019," terangnya. Baca: BKPM Sebut Target Realisasi Investasi 2020 Sulit Tercapai

Sambung dia, kebijakan jangka panjang juga perlu diambil untuk melindungi dan mendorong pertumbuhan industri garmen. Salah satu langkah strategis yang dilakukan Kemenperin seperti link and match antara industri kecil dan menengah (IKM) dengan industri besar. Salah satunya, upaya link and match tersebut dilakukan agar industri besar dapat memberikan kemudahan akses bahan baku kepada IKM garmen.

"Kemenperin akan membantu kerja sama antara industri besar dan IKM untuk mencapai tujuan tersebut," imbuhnya.

Menurut Gati, link and match antara IKM dan industri besar, Kemenperin juga akan menjajaki upaya lainnya untuk meningkatkan pertumbuhan sektor industri garmen setelah penerapan safeguard.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2283 seconds (10.101#12.26)