Menciptakan Peluang dalam Hadapi Dinamika Ekonomi Digital 2018

Rabu, 06 Desember 2017 - 22:11 WIB
Menciptakan Peluang dalam Hadapi Dinamika Ekonomi Digital 2018
Menciptakan Peluang dalam Hadapi Dinamika Ekonomi Digital 2018
A A A
JAKARTA - Menghadapi era yang serba digital saat ini, individu semakin dimudahkan dalam berkomunikasi untuk memperoleh informasi apa pun secara cepat dan lengkap. Cukup dengan menggunakan alat komunikasi yang terhubung dengan jaringan internet, seluruh informasi sudah dalam genggaman. Kemudahan-kemudahan tersebut secara tidak langsung akan memengaruhi beberapa bidang, terutama di bidang ekonomi dan bisnis.

Saat ini individu diharapkan dapat memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai gerbang masuk perkembangan ekonomi di Indonesia. Indonesia di era Presiden Joko Widodo memiliki ambisi menjadi negara ekonomi digital terbesar se-Asia Tenggara. Ungkapan Jokowi tersebut bukanlah tanpa dasar yang kuat. Hasil riset Google bersama Temasek yang dipaparkan pada Agustus 2016 menyebut, pertumbuhan populasi pengguna internet di Indonesia menjadi salah satu yang berkembang paling pesat di dunia.

Setiap tahun rata-rata pengguna internet di Indonesia bertambah 19%. Hasil studi itu mencakup proyeksi bahwa pada 2020, pengguna internet di Indonesia akan mencapai 215 juta, dari sebelumnya hanya 92 juta pengguna pada 2015. Dengan begitu, pasar online Indonesia diprediksi akan meledak dalam 10 tahun, mencapai USD81 miliar sebelum 2025. Dari total tersebut, e-commerce menyumbang peranan sebesar 57% atau USD46 miliar.

"Melihat data tersebut, Indonesia masih punya peluang untuk menjadi negara terbesar se-Asia Tenggara dalam memanfaatkan ekonomi digital pada 2020, namun ada pula beberapa tantangan yang dapat menggagalkan visi tersebut terwujud," kata Ketua Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (Ika Unpad) Hikmat Kurnia di Bandung, Rabu (6/12/2017).

Ika Unpad, kata Hikmat, berusaha untuk mewujudkan visi besar dalam menghadapi tantangan ekonomi digital dengan menyelenggarakan seminar nasional yang berkaitan dengan sektor ekonomi dan bisnis yang bertajuk "Menciptakan Peluang Dalam Menghadapi Dinamika Ekonomi Digital 2018". Seminar nasional ini akan dibagi menjadi dua sesi. Menghadirkan pula pembicara-pembicara yang menginspirasi.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3674 seconds (0.1#10.140)