Produksi Industri Jepang Naik Lebih dari Perkiraan

Kamis, 28 Desember 2017 - 13:57 WIB
Produksi Industri Jepang Naik Lebih dari Perkiraan
Produksi Industri Jepang Naik Lebih dari Perkiraan
A A A
TOKYO - Produksi industri Jepang naik lebih dari yang diperkirakan pada November dan perusahaan memperkirakan kenaikan lebih lanjut pada bulan ini. hal tersebut dikarenakan permintaan luar negeri yang kuat terus mendukung aktivitas pabrik dan pertumbuhan ekonomi yang lebih luas.

Seperti dikutip dari Reuters, Kamis (28/12/2017), impuls positif juga terlihat pada penjualan ritel, yang melampaui ekspektasi bulan lalu karena pembeli lebih banyak menggunakan bahan bakar, elektronik, dan mobil sebagai pendorong permintaan domestik.

Data tersebut mendukung optimisme di kalangan pejabat pemerintah dan pembuat kebijakan Bank of Japan bahwa ekonomi dapat membawa pertumbuhan baru-baru ini ke tahun depan.

Produksi industri Jepang naik sebesar 0,6% pada November atau lebih dari proyeksi rata-rata pasar untuk kenaikan 0,5% dan mengikuti kenaikan 0,5% pada Oktober.

Data kementerian perdagangan setempat menunjukkan bahwa peningkatan tersebut disebabkan terjadinya peningkatan produksi chip memori, peralatan yang digunakan untuk membuat semikonduktor, dan mesin berat yang digunakan dalam konstruksi.

Produsen yang disurvei oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri memperkirakan produksi akan naik 3,4% pada Desember, namun turun 4,5% pada Januari.

Pemerintah menaikkan penilaian terhadap produksi industri, dengan mengatakan bahwa pihaknya telah pulih. Sebelumnya, pemerintah mengatakan produksi hanya menunjukkan tanda-tanda pemulihan.

Penjualan ritel Jepang naik 2,2% pada November dari tahun sebelumnya, lebih tinggi dari perkiraan median untuk kenaikan 1,2%. Pasar tenaga kerja yang ketat dan kenaikan upah yang perlahan mulai menyebabkan konsumsi lebih tinggi.

Perekonomian Jepang telah mencatat tujuh ekspansi langsung, pertumbuhan tanpa hambatan terbaik sejak 1994. Ada tanda-tanda bahwa pertumbuhan ini akan berlanjut ke tahun depan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3240 seconds (0.1#10.140)