Pelemahan Rupiah Diprediksi Terbatas

Kamis, 08 Februari 2018 - 08:05 WIB
Pelemahan Rupiah Diprediksi Terbatas
Pelemahan Rupiah Diprediksi Terbatas
A A A
JAKARTA - Masih terapresiasinya USD membuat pergerakan rupiah kembali mengalami penurunan. Adapun sentimen positif di dalam negeri kurang kuat mengangkat rupiah.

"Laju rupiah tertahan di atas target support Rp13.600/USD dan diharapkan pelemahan dapat lebih terbatas. Tetap waspada berbagai sentimen yang dapat memicu pelemahan kembali," ujar Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Kamis (8/2/2018).

Diperkirakan Reza, rupiah akan bergerak dengan kisaran di level support Rp13.580/USD dan resisten Rp13.545/USD.

Sementara, pergerakan rupiah kemarin kembali melemah meski kenaikan USD mulai terbatas. Meski dari dalam negeri masih terdapat sentimen positif namun tidak cukup kuat mengangkat laju rupiah.

Sentimen positif datang dari pernyataan Gubernur BI di mana fundamental perekonomian Indonesia yang terus membaik akan menjadi penarik utama masih derasnya investasi langsung luar negeri (foreign direct investment/FDI) di 2018, meskipun memasuki tahun yang dipenuhi agenda politik.

Kemungkinan akan tetapnya suku bunga acuan BI di mana BI akan lebih mengandalkan kebijakan makroprudensialnya dan instrumen non-bunga untuk memacu pemulihan pertumbuhan ekonomi, hingga pernyataan Menkeu yang memastikan bahwa Indonesia terus menjaga momentum pertumbuhan ekonomi yang telah terjalin dengan baik dengan mempertahankan stabilitas kinerja dari APBN.

"Pelaku pasar lebih memilih menahan diri sehingga laju rupiah masih terlihat tertahan," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7511 seconds (0.1#10.140)