Kawasan Industri ModernCikande Jadi Zona Bebas Pekerja Anak

Selasa, 27 Februari 2018 - 23:24 WIB
Kawasan Industri ModernCikande Jadi Zona Bebas Pekerja Anak
Kawasan Industri ModernCikande Jadi Zona Bebas Pekerja Anak
A A A
JAKARTA - Anak-anak merupakan masa depan suatu bangsa. Mereka diharapkan menjadi penerus bangsa yang potensial, tangguh, berjiwa nasionalis dan akhlak mulia. Keberhasilan pembangunan anak akan menentukan kualitas sumber daya manusia di masa yang akan datang.

Namun, sayangnya kondisi ekonomi kerap membuat beberapa orang tua mempekerjakan anak-anak, dengan dalih ikut membantu masalah finansial keluarga. Hal yang juga disambut beberapa industri. Tentu saja karena posisi tawar yang lemah, untuk mempekerjakan mereka dengan upah murah.

Pemerintah pun berikhtiar untuk tidak mempekerjakan anak-anak, utamanya untuk kawasan industri. Salah satu industri yang menerapkan zona bebas pekerja anak adalah Kawasan Industri ModernCikande. Untuk itu, Kementerian Ketenagakerjaan mengapresaisi PT Modernland Realty Tbk, pengembang ModernCikande dalam menerapkan Zona Bebas Pekerja Anak (ZBPA).

Kementerian Ketenagakerjaan lantas menetapkan Kawasan Industri ModernCikande sebagai salah satu kawasan ZBPA. "Kami sangat senang dengan ditetapkannya kawasan Industri ModernCikande menjadi salah satu kawasan Zona Bebas Pekerja Anak," ujar Corporate Human Capital & Legal Senior Managing Director PT Modernland Realty Tbk, Dharma Mitra dalam keterangan resmi, Selasa (27/2/2018).

Dharma menerangkan, pihak pengelola atau manajemen Kawasan Industri ModernCikande telah dan akan senantiasa mengimbau para tenant untuk tidak mempekerjakan anak. Dan hal ini akan dilanjuti dengan penandatanganan nota kesepakatan untuk tidak mempekerjakan anak di semua unit bisnisnya.

Untuk membantu menangani dan menyelesaikan masalah pekerja anak, PT Modernland Realty akan melakukan program-program CSR yang terkait dengan program bebas pekerja anak, berupa bea siswa, bantuan kebutuhan pendidikan, dan kesehatan, termasuk memberikan pelatihan-pelatihan keterampilan untuk warga sekitar kawasan industri ModernCikande.

Manajemen kawasan industri ModernCikande juga akan mendorong tenant-tenant untuk melakukan program-program CSRnya terkait hal tersebut. Dengan memberikan mereka pelatihan-pelatihan untuk menjadikan mereka generasi penerus bangsa yang kuat dan berkualitas, baik fisik, mental, sosial dan intelektualnya.

Dengan dilakukannya Pencanangan Indonesia Bebas Pekerja Anak oleh Kementerian Ketenagakerjaan di kawasan industri ModernCikande,diharapkan kawasan industri ModernCikande terbebas dari pekerja anak dan mampu meningkatkan kulitas generasi penerus bangsa Indonesia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8052 seconds (0.1#10.140)