Darmin: Sektor Pertanian Diperkirakan Melambat di Kuartal I

Senin, 19 Maret 2018 - 12:04 WIB
Darmin: Sektor Pertanian Diperkirakan Melambat di Kuartal I
Darmin: Sektor Pertanian Diperkirakan Melambat di Kuartal I
A A A
JAKARTA - Pertumbuhan sektor pertanian diperkirakan melambat di kuartal pertama tahun ini. Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, masa panen yang terjadi di Indonesia mengalami perubahan sehingga mundur dari waktu yang diperkirakan sebelumnya.

"Pertanian itu tumbuhnya tidak pernah 5%, paling paling 3,5-4%. Kalau dilihat memang panennya bergerak sedikit lagi ke depan, jadi tahun lalu sebenarnya sudah kembali ke Maret, April, Mei. Malah tahun lalu Maret-April sudah sama-sama puncak. Tahun ini tampaknya April puncaknya, sehingga mungkin saja (pertumbuhan) sektor pertanian akan lebih lambat," ujar Darmin di Jakarta, Senin (19/3/2018).

Dia menambahkan, pertumbuhan sektor pertanian juga terlihat berbeda dibandingkan tahun lalu. Sebab, tahun lalu proses produksi pertanian lebih digenjot oleh pemerintah.

"Dibanding dengan kuartal I tahun lalu sudah mencapai puncaknya di Maret. Ini kelihatannya tidak bergerak, kenapa? Karena tahun lalu agak dipaksakan panen dua kali sehingga terdorong menanamnya ke depan," katanya.

Lebih lanjut, Darmin menilai kontribusi sektor pertanian terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) di kuartal pertama tahun ini tidak akan jauh berbeda dibanding tahun sebelumnya, yakni sekitar 3,5%.

"Aku enggak mau merincinya lebih jauh, pokoknya tidak lebih tinggi dari tahun lalu," tandasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5868 seconds (0.1#10.140)