Holding Migas Disebut Mampu Bikin Pertamina Saingi Petronas

Senin, 26 Maret 2018 - 16:58 WIB
Holding Migas Disebut Mampu Bikin Pertamina Saingi Petronas
Holding Migas Disebut Mampu Bikin Pertamina Saingi Petronas
A A A
JAKARTA - Pembentukan holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Migas disebut mampu membuat PT Pertamina bersaing dengan perusahaan migas asal Malaysia, Petronas. Direktur Eksekutif Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LM FEB UI) Toto Pranoto menerangkan, pembentukan holding migas memberikan nilai tambah bagi Pertamina, baik dari sisi hulu dan hilir.

"Ada peningkatan nilai dalam kelola migas di hulu dan hilir. Rencana pemerintah membentuk holding migas sebagai alternatif kekuatan agar daya saing Pertamina sebagai perusahaan migas bisa meningkat," ujarnya di Jakarta, Senin (26/3/2018).

Menurut Toto, dulu Petronas pernah berguru ke Pertamina, tapi dalam satu dekade terakhir yang terjadi justru sebaliknya di mana pertumbuhan Petronas melewati Pertamina dari berbagai aspek. "Aset Pertamina tumbuh 4,9% sedangkan Petronas 15,9% pada semester I/2017. Pendapatan Petronas tumbuh 22% dan Pertamina hanya 19%. EBT Pertamina 2016 USD4,9 miliar, Petronas USD7,5 miliar," kata dia.

Karena itu, Dia menegaskan, pembentukan holding perusahaan pelat merah dengan melepas saham pemerintah di PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) ke Pertamina sebesar 57% merupakan langkah tepat guna menyalip Petronas. Bersamaan dengan pengumuman pengalihan saham, PGN akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada Kamis, 26 April 2018 mendatang.

Salah satu agenda penting RUPS tersebut meminta persetujuan pemegang saham untuk melakukan integrasi PT Pertamina Gas (Pertagas) ke PGN sebagai anak usaha holding BUMN Migas. "Harapannya bisa ciptakan nilai Rp942 triliun nilai aset dari adanya Holding Migas setelah digabung dan secara struktur Pertamina akan punya migas refinery secara keseluruhan," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1265 seconds (0.1#10.140)