Tingkatkan Ekspor ke Negeri Jiran Lewat Pameran Archex

Selasa, 03 April 2018 - 15:22 WIB
Tingkatkan Ekspor ke Negeri Jiran Lewat Pameran Archex
Tingkatkan Ekspor ke Negeri Jiran Lewat Pameran Archex
A A A
KUALA LUMPUR - Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Rusdi Kirana menuturkan dia akan menggelar Indonesia Archipelago Expo (Archex) 2018 di Malaysia satu bulan sekali, jika memang memungkinkan. Ia percaya dengan pameran tersebut ekspor produk domestik ke Negeri Jiran dapat merangkak naik. Archex merupakan pameran produk-produk UKM dan setidaknya 100 UKM dari berbagai daerah mengikuti pameran, yang merupakan jilid pertama tersebut.

"Tadi Pak Dede (Komisi IX DPR RI) berbisik badan bertanya pada saya, apa acara ini dilakukan tiap bulan? Saya bilang iya. Kami mau ini dibuat setiap bulan," kata Rusdi saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan Archex di Kuala Lumpur pada Selasa (3/4/2018).

(Baca Juga: Gaet Wisatawan dan Investor Malaysia, RI Gelar Archex 2018
Politikus Partai Kebangkitan Bangsa ini kemudian mengatakan, Malaysia merupakan salah satu negara potensial untuk memasarkan produk Indonesia. Alasanya jumlah WNI di Malaysia sangat besar, selain itu jumlah turis asing yang ke Malaysia juga cukup besar. "Belum lagi turis yang datang ke sini. Mereka banyak nikmati produk kita," ungkapnya.

Dirinya lalun menyampaikan bagwa Archex tidak saja bertujuan untuk meningkatkan ekspor produk Indonesia ke Malaysia. Menurutnya, acara tersebut juga dapat mempererat hubungan antara kedua negara serumpun. "Kita akan laksanakan Archex ini bukan hanya UKM tapi bisa juga di bidang investasi infrastruktur dan pariwisata," ujarnya.

Selain oleh Rusdi, Archex turut dibuka langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo. Hadir pula Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf dan sejumlah Pimpinan Perbankan, baik dari BNI, BRI, BJB, dan CIMB.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9433 seconds (0.1#10.140)