Dermaga Premium di Pelabuhan Merak Target Dinikmati Pemudik Lebaran

Senin, 09 April 2018 - 18:52 WIB
Dermaga Premium di Pelabuhan...
Dermaga Premium di Pelabuhan Merak Target Dinikmati Pemudik Lebaran
A A A
JAKARTA - PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) akan mempercepat proses pembangunan dermaga premium di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheni. Hal ini dikarenakan agar dapat digunakan para pemudik yang akan lebaran tahun 2018 ini.

Direktur Komersil PT ASDP (Persero) M Yusuf Hadi menerangkan, bahwa dermaga premium ini akan berada di slot enam. Dimana dermaga ini akan disiapkan enam kapal penyeberangan Bakauheni-Merak dengan fasilitas yang terbaik

"Ada dijam tertentu, kita alokasikan yang mana bisa memodofikasikan infrasturuktur yang ada untuk kelencaran keselamatan dan kenyamanan. Apapun kita optimal dalam menjawab kebutuhan masyarakat," ujar Yusuf Hadi di Jakarta, Senin (9/4/2018).

Pembangunan dermaga premium sebagai antisipasi kepadatan arus barang dan penumpang di Pelabuhan Merak dan Bakauheni. Diterangkan tujuan pembangunan dermaga premium seluas kira-kira 17.000 meter persegi tersebut guna mengantisipasi kepadatan arus dengan hadirnya tol lintas Sumatra (Trans Sumatra) dan hajatan Asian Games 2018.

"Jadi untuk dermaga eksekutif dengan mempersiapkan dan merealisasikan dari awal. ASIAN games harus beroperasi dan ada hal-hal yang kita percepat serta bisa dimanfaatkan untuk angkutan barang. Diharapkan bisa beroperasi saat Lebaran," katanya.

Tidak hanya itu dermaga premium ini memiliki fasilitas yang mewah. Dimana akan terdapat mall dan juga penginapan yang bisa memanjakan penumpang yang tiba di pelabuhan Merak.

(Baca Juga: Rute Pelayaran Paciran-Bahaur Siap Dibuka Mei 2018
Fasilitas lainnya yang akan dibangun di dermaga premium antara lain lounge, area koemersial, valet service, area ritel. Perseroan juga akan mempersiapkan kapal berkecepatan 17 knot.

"Tahun ini bangunannya sudah jadi dan kelengkapannya bertahap dan saat ASIAN Games dioperasikan maksimum. Inisiatifnya dari himbauan dan saran bahwa ASDP disuruh buat infrastruktur untuk tol laut dan kemaritiman agar supaya angkutan penyeberangan jadi pilihan dan memberikan kenyamanan," tukasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2814 seconds (0.1#10.140)