Budi Karya Minta Aplikator Transportasi Online Tetapkan Tarif Pantas

Kamis, 26 April 2018 - 00:20 WIB
Budi Karya Minta Aplikator Transportasi Online Tetapkan Tarif Pantas
Budi Karya Minta Aplikator Transportasi Online Tetapkan Tarif Pantas
A A A
JAKARTA - Persoalan tarif transportasi online terus berlanjut. Para pengemudi transportasi online menuntut keadilan akan kenaikan tarif.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendorong aplikator untuk menemukan formula tarif yang pantas dan menguntungkan semua pihak, baik aplikator, pengemudi, maupun masyarakat sebagai konsumen. Terkait ini, Budi Karya memberi perhatian kepada pengemudi online agar mendapat tarif yang sesuai.

"Kita memberikan perhatian yang serius kepada pengemudi, artinya tarif ini dilakukan oleh aplikator secara sendiri-sendiri. Yang harus dilakukan adalah harga itu (ditetapkan) pada harga yang pantas. Harga yang pantas itu adalah suatu harga di mana pengemudi mendapat rejeki yang cukup tapi di konsumen tidak terlalu mahal," ujar Budi Karya di Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Adpaun soal tarif ini, Menhub menjelaskan pihaknya tidak akan melakukan intervensi. Keterlibatan pemerintah terkait persoalan ini adalah sebagai penghubung antara aplikator dan pengemudi. Untuk itu, pihaknya saat ini memfasilitasi kedua pihak untuk menemukan titik temu.

"Pemerintah tidak boleh intervensi. Kami hanya memfasilitasi antara aplikator, pengemudi, Komisis Pengawas Persaingan Usaha, dan konsumen yang diwakilkan oleh YLKI. Kami sedang menunggu apa yang dihasilkan diskusi ini. Harapannya satu minggu ini kita dapat suatu angka," katanya.

Budi Karya juga menitikberatkan kepada aplikator agar tidak menentukan tarif di bawah rata-rata sehingga merugikan pengemudi. "Jangan karena persaingan, mereka memberikan diskon. Memberikan tarif yang di bawah rata-rata yang membuat pengemudi menjadi tidak layak. Ingat pengemudi ini adalah aset mereka (aplikator), aset kita semua, harus kita rawat," tukasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5977 seconds (0.1#10.140)