Bayer Tuntaskan Akuisisi Monsanto

Selasa, 12 Juni 2018 - 05:14 WIB
Bayer Tuntaskan Akuisisi Monsanto
Bayer Tuntaskan Akuisisi Monsanto
A A A
JAKARTA - Perusahaan farmasi dan kimia asal Jerman, Bayer telah berhasil menyelesaikan akuisisi Monsanto pada Kamis (31/5) lalu. Saham perusahaan pestisida dan benih Amerika Serikat (AS) tersebut tidak akan lagi diperdagangkan di Bursa Efek New York, karena sekarang Bayer merupakan adalah satu-satunya pemilik Monsanto.

Saham Monsanto telah dibeli dari para para pemegang sahamnya dengan harga USD128 per lembar saham. JP Morgan membantu Bayer dalam memproses pembayaran harga pembelian dalam proses akuisisi terbesar dalam sejarah perusahaan ini. Menurut persetujuan bersyarat dari Departemen Kehakiman AS, integrasi Monsanto kepada Bayer dapat terjadi segera setelah divestasi ke BASF telah selesai.

Proses integrasi ini diharapkan akan dimulai sekitar dua bulan. Werner Baumann, chairman of the Bayer Board of Management mengatakan, akuisisi ini merupakan sebuah hal yang luar biasa, terutama bagi pelanggan yaitu para petani di seluruh dunia. Karena pihaknya akan dapat membantu meningkatkan hasil panen mereka dengan lebih baik.

"Bagi pemegang saham kami, transaksi ini memiliki potensi untuk menciptakan nilai yang signifikan. Dan bagi konsumen dan masyarakat yang lebih luas. Dengan akuisisi ini, kami akan memiliki posisi yang lebih baik untuk membantu para petani dunia menghasilkan makanan yang lebih sehat dan terjangkau secara berkelanjutan. Sebagai mesin inovasi terkemuka di bidang pertanian, kami menawarkan karyawan di seluruh dunia pekerjaan yang menarik dan peluang pengembangan," katanya dalam rilis yang diterima Koran SINDO di Jakarta, Senin (11/6/2018).

"Bagi kami, target keberlanjutan adalah sama pentingnya seperti target keuangan kami. Sebagai pemimpin di industri ini, kami bertujuan memenuhi tanggung jawab dengan memperdalam dialog kami dengan masyarakat," lanjut Baumann.

Chairman dan CEO Monsanto Hugh Grant mengatakan, penutupan akusisi tersebut merupakan tonggak penting menuju visi menciptakan perusahaan pertanian terkemuka. "Kami mendukung petani dalam upaya mereka untuk menjadi lebih produktif dan berkelanjutan bagi kelestarian planet kita dan konsumen kami," ujar Hugh Grant yang mengundurkan diri.

Grant menambahkan, dirinya bangga dengan fondasi jalan yang telah Monsanto buat dan menantikan perusahaan gabungan ini dapat membantu memajukan pertanian modern.

Sementara itu, Liam Condon, anggota Bayer Board of Management, akan memimpin Divisi Crop Science ketika integrasi dimulai. Hingga proses divestasi selesai dilakukan dengan BASF, Monsanto akan beroperasi secara independen dari Bayer.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3467 seconds (0.1#10.140)