alexametrics

Kinerja PGN Bakal Terdongkrak Usai Gabung dengan Pertagas

loading...
A+ A-
JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dinilai bakal terdongkrak kinerjanya setelah resmi bersatu dengan PT Pertamina Gas (Pertagas). Kesepakatan integrasi kedua perusahaan dijadwalkan bakal dilakukan di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Analis Senior Binaartha Parama Sekuritas, Reza Priyambada mengatakan, dampak positif meleburnya dua perusahaan itu di antaranya, Pertagas bisa menambah jumlah distribusi penyaluran gas melalui pelanggan-pelanggan gas existing PGN. Selain itu, Pertagas dan PGN bisa mengoptimalkan pemanfaatan dana belanja modal untuk membangun infrastruktur secara terintegrasi, tidak lagi tumpang tindih atau berkompetisi satu sama lain.

Sebab itu, menurut Reza, seluruh pihak seharusnya melihat aksi korporasi tersebut dari sisi positif. Sehingga nantinya bisa memperbesar channel distribusi Pertagas.



"Dengan demikian, Pertamina yang mengelola PGN kinerjanya juga akan membaik. Karena PGN bersama Pertagas pasti bisa dioptimalkan Pertamina untuk meningkatkan kerja sama di sektor energi lainnya, sampai luar negeri," kata Reza, di Jakarta, Minggu (1/7/2018).

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama mengatakan, dengan penandatanganan Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat baru-baru ini, proses holding BUMN migas ini telah selesai dan sejumlah tujuan sudah sepantasnya dapat terwujud.

"Harapan kami, holding BUMN migas ini dapat menciptakan kedaulatan dan ketahanan energi yang pastinya membawa manfaat untuk masyarakat dan negara," ujarnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top