Optimalkan Fungsi Auditor Internal Perusahaan Lewat Munas FKSPI

Jum'at, 10 Agustus 2018 - 12:45 WIB
Optimalkan Fungsi Auditor Internal Perusahaan Lewat Munas FKSPI
Optimalkan Fungsi Auditor Internal Perusahaan Lewat Munas FKSPI
A A A
SOLO - Pentingnya manajemen risiko dan tata kelola perusahan di era disrupsi seperti sekarang ini sehingga pengatahuan auditor perlu untuk terus diperbarui. Atas landasan tersebut, Forum Komunikasi Satuan Pengawas Internal (FKSPI) berupaya memperkuat keanggotaan melalui Musyawarah Nasional (Munas) dan Konferensi Nasional III di Hotel Alila Solo.

"Kalau tidak update, maka fungsi auditor menjadi kurang optimal. Harapan kami melalui kegiatan ini para peserta dapat memahami tentang era disruptif dan dampaknya terhadap proses bisnis perusahaaan," ucap Ketua Umum FKSPI Saiful Huda di Solo.

Menurutnya lewat kegiatan ini bakal memperkaya pengetahuan auditor internal dalam pengendalian internal perusahaan. Ditambah terang dua peran dari SPI salah satunya yaitu menyajikan fakta jika ternyata ditemukan ada kerugian di perusahaan, selanjutnya sebagai tindak lanjut dari temuan tersebut diserahkan langsung oleh perusahaan yang bersangkutan.

"Misalnya apakah perusahaan ingin melanjutkan ke ranah hukum atau lebih ke kebijakan internal lain, misalnya mengembalikan kerugian atau pemecatan. Pada prinsipnya SPI tidak memiliki kewenangan untuk menentukan harus seperti apa," katanya.

Sementara Ketua Bidang Organisasi FKSPI Heru Muara Sidik mempertanyakan, apakah posisi auditor di BUMN itu sudah cukup kuat. "Meski secara struktural berada di bawah direktur utama, berdasarkan undang-undang tentang perseroan terbatas, pengangkatan auditor oleh pimpinan perusahaan juga harus mendapat persetujuan komisaris," katanya.

Diharapkan olehnya lewat kegiatan tersebut FKSPI terus mengevaluasi rencana dan realisasi kegiatan organisasi secara berkelanjutan. "Tujuannya agar peran dan fungsi bagi anggota dan stakeholders makin dirasakan," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5190 seconds (0.1#10.140)