Menkeu Akan Antisipasi Gejolak Ekonomi Global

Jum'at, 14 September 2018 - 22:22 WIB
Menkeu Akan Antisipasi Gejolak Ekonomi Global
Menkeu Akan Antisipasi Gejolak Ekonomi Global
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan kondisi ekonomi Indonesia terkini kepada ribuan pengusaha nasional yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Kamar Dagang Industri Indonesia (Kadin) di Hotel Kempinski, Jakarta, Jumat (14/9/2018).

Sri Mulyani menjelaskan bahwa ekonomi dunia sangat dinamis dan perlu diantisipasi dengan cermat agar tidak berdampak buruk terhadap perekonomian Indonesia.

Lanjut dia, sejak awal tahun, gejolak ekonomi dunia memang sudah terasa. Sumber gelombangnya berasal dari Amerika Serikat yang melakukan normalisasi kebijakan moneter.

"Normalisasi ini terjadi terkait dengan kondisi krisis keuangan di AS pada 2008 yang menular ke Eropa. Ini yang harus kita antisipasi dan melakukan kebijakan yang dinamis," ujarnya.

Saat itu, kata Sri Mulyani, Bank Sentral AS, Federal Reserve mengambil kebijakan dengan menurunkan suku bunga acuan dari 5% hingga ke 0%. Selain itu, The Fed juga membeli aset-aset investasi yang tidak tumbuh di perbankannya.

"Sehinga jumlah likuiditas dolar AS melimpah dan suku bunga menurun bisa membuat dana investor menyebar," tambahnya.

Saat ini, kata Sri Mulyani, setelah 10 tahun krisis ekonomi AS berlalu. Perekonomian mulai pulih dan mereka mulai melakukan normalisasi kebijakan.

"Suku bunga yang turun dinaikan lagi dan likuidias yang melimpah mulai dikurangi. Ini yang hal yang harus diwaspadai," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5267 seconds (0.1#10.140)