INTI dan Len Kirim 300 Lampu Tenaga Surya ke Palu

Jum'at, 05 Oktober 2018 - 18:09 WIB
INTI dan Len Kirim 300...
INTI dan Len Kirim 300 Lampu Tenaga Surya ke Palu
A A A
BANDUNG - PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau INTI, serta PT Len Industri (Persero) atau Len mengirimkan bantuan kemanusiaan berupa 300 unit Smart Lighting Inti-Len (Smile) untuk korban gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Pengiriman 300 lampu tenaga surya dikirimkan melalui jalan laut pada Selasa, (2/10) lalu.

Bantuan kemanusiaan yang dikemas dalam 75 boks besar itu dikirimkan melalui Dermaga Ujung Barat, Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, menggunakan Kapal Baruna Jaya 1. Rencananya, bantuan tersebut akan tiba di Pelabuhan Pantoloan, Palu, Sulawesi Tengah, dalam waktu kurang lebih enam hari. Setelah sampai, 300 unit Smile akan diserahkan ke Posko Telkom untuk didistribusikan kepada masyarakat setempat.

Menurut Direktur Utama INTI Darman Mappangara, 300 lampu tenaga surya yang bisa untuk penerangan dan charger berukuran mini itu, merupakan hasil produksi Inti dan Len.Pada setiap unitnya, produk itu dilengkapi dengan tiga buah LED yang setara dengan lampu berdaya 20 watt yang bisa menyala maksimal hingga 18 jam.

“Kami berkolaborasi untuk memberikan sesuatu yang memang dibutuhkan masyarakat Palu dan sekitarnya, yaitu penerangan,” kata Direktur Utama INTI Darman Mappangara, Jumat (5/10/2018).

Selain mampu memberi penerangan, Smile juga memiliki sejumlah spesifikasi yang dibutuhkan dalam kondisi kekurangan pasokan listrik. Smile mampu menyerap sinar matahari yang dikonversikan sebagai energi listrik, sekaligus menyimpannya sebagai cadangan energi dalam baterai.

Hal ini memungkinkan masyarakat Palu melakukan pengisian baterai alat elektronik, seperti telepon genggam dan laptop, sekaligus mendapatkan penerangan. Bahkan, produk yang berbobot 2,3 kilogram ini juga dilengkapi dengan radio sehingga masyarakat Palu tetap bisa mendapatkan akses informasi. “Akses listrik, komunikasi dengan area luar, serta penerangan adalah poin penting yang jadi perhatian kami,” jelas Darman.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3700 seconds (0.1#10.140)