Arcandra Klaim MOMS dan e-PNBP Bisa Dongkrak Setoran PNBP Minerba

Jum'at, 02 November 2018 - 13:49 WIB
Arcandra Klaim MOMS dan e-PNBP Bisa Dongkrak Setoran PNBP Minerba
Arcandra Klaim MOMS dan e-PNBP Bisa Dongkrak Setoran PNBP Minerba
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengklaim, bahwa dua aplikasi yang baru diluncurkan pemerintah, yakni Mineral Online Monitoring System (MOMS) dan e-PNBP Minerba akan bisa meningkatkan setoran Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) sektor minerba. Pasalnya, perusahaan tambang bisa melakukan setoran tersebut secara online.

(Baca Juga: Data Produksi Tak Transparan, Wamen Akan Cabut RKAB Perusahaan TambangDia mengatakan, aplikasi ini akan menjadikan data neraca produksi dan penjualan minerba menjadi lebih akurat. Dengan begitu, potensi PNBP sektor minerba akan lebih akurat. "PNBP dengan cara ini karena lebih akurat semoga kita berharap PNBP nya juga membaik," katanya di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (2/11/2018).

Lebih lanjut Arcandra menyatakan, pihaknya akan terus mengawasi agar semua data yang masuk adalah data yang benar. Bagi perusahaan yang tidak meng-input data maka Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) akan dicabut.

"Kita awasi. Kan semua data masuk. Kan ada main market. Main market itu dicek satu persatu datanya, benar nggak. Kalau ada kita lakukan ke lapangan. Kita lihat, inspektur tambang kita tetap jalan memverify data yang ada. Tapi sebelum jalan verifikasi, dia harus punya data dulu. Dia bisa lihat datanya semua. Kita berharap sistem ini bisa perbaiki kinerja, sistem, dan teknologi yang selama ini ada. Tiga tadi, people, technology and system," tandasnya.

Aplikasi Mineral Online Monitoring System (MOMS) dan e-PNBP Minerba diluncurkan demi meningkatkan transparansi kepada publik terkait data neraca pertambangan dan mineral di Indonesia. Lewat aplikasi ini diharapkan bisa mempermudah para stakeholder serta mempermudah penyusunan kebijakan nasional.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4056 seconds (0.1#10.140)