MNC Group Gelar Forum Perhubungan Bahas Inovasi Pembiayaan

Rabu, 07 November 2018 - 11:34 WIB
MNC Group Gelar Forum Perhubungan Bahas Inovasi Pembiayaan
MNC Group Gelar Forum Perhubungan Bahas Inovasi Pembiayaan
A A A
JAKARTA - MNC Group hari ini menggelar Forum Perhubungan yang membahas mengenai pembiayaan kreatif pembangunan infrastruktur transportasi di Indonesia.

Acara tersebut dihadiri para pemangku kepentingan di bidang terkait antara lain Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono, Direktur Jenderal Pengelolaan dan Pembiayaan Kementerian Keuangan Luki Alfirnan dan Direktur Kerja Sama Pemerintah-Swasta Rancang Bangun Kementerian PPN/Bappenas Dadang Jusron.

Selain itu, hadir juga Direktur Utama PT Penjamin Infrastruktur Indonesia (PTPII) Armand Hermawan, Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar hingga Presiden Direktur Bumi Serpong Damai (BSD) Francisus Xaverius.

Forum ini digelar untuk mengeksplorasi solusi pembiayaan alternatif dalam pembangunan infrastruktur yang membutuhkan biaya besar. Sepertui diketahui, pemerintah mendorong berbagai skema pembiayaan sehingga pembangunan infrastruktur tak lagi hanya mengandalkan APBN. Skema pembiayaan yang inovatif dan kreatif dalam pembangunan infrastruktur akan memperkuat ketahanan fiskal pemerintah.

Saat ini skema pembiayaan inovatif dan kreatif telah dikembangkan, antara lain Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), penugasan kepada BUMN yang dibawahi langsung oleh Kementerian Keuangan hingga skema pembiayaan campuran (blended finance).

Ketiga skema pembiayaan yang inovatif dan kreatif tersebut menitikberatkan pada upaya untuk mencari sumber pembiayaan alternatif yang tidak bergantung pada APBN. Hal tersebut bertujuan agar ketahanan fiskal tetap terjaga dengan mendorong peningkatan partisipasi sektor/pihak di luar pemerintah untuk turut serta dalam memenuhi kebutuhan pembiayaan pembangunan.
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6173 seconds (0.1#10.140)