Rupiah Diprediksi Bertahan di Teritori Hijau

Jum'at, 16 November 2018 - 09:02 WIB
Rupiah Diprediksi Bertahan di Teritori Hijau
Rupiah Diprediksi Bertahan di Teritori Hijau
A A A
JAKARTA - Laju rupiah yang positif diharapkan masih dapat berlanjut seiring masih adanya sejumlah sentimen positif dari dalam negeri. Akan tetapi, adanya peringatan dari Gubernur The Fed terkait potensi tingkat suku bunga Fed Fund Rate yang dibarengi permasalahan internal di Benua Eropa patut dicermati.

Perundingan Brexit di Inggris dan penyelesaian masalah anggaran di Italia membuat laju EUR dan GBP tertekan, sehingga dapat dimanfaatkan oleh USD kembali menguat.

"Diharapkan sentimen dari dalam negeri masih cukup untuk membuat rupiah bertahan di teritori hijaunya. Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat rupiah kembali melemah," ujar Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada di Jakarta, Jumat (16/11/2018).

Reza memperkirakan, rupiah akan bergerak di kisaran Rp14.695-Rp14.655/USD. Sementara, pasca diumumkannya kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia, pergerakan rupiah mampu kembali melanjutkan kenaikannya.

"BI merilis suku bunga acuan yang naik 25 bps menjadi 6% dengan alasan untuk mempertahankan posisi defisit transaksi berjalan di sepanjang tahun ini tetap berada di bawah 3% dari PDB," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4871 seconds (0.1#10.140)