Rupiah Diprediksi Perkasa Ditopang Sentimen Dalam Negeri

Senin, 19 November 2018 - 09:12 WIB
Rupiah Diprediksi Perkasa Ditopang Sentimen Dalam Negeri
Rupiah Diprediksi Perkasa Ditopang Sentimen Dalam Negeri
A A A
JAKARTA - Harapan akan berlanjutnya kenaikan rupiah dapat memenuhi pelaku pasar seiring dengan masih adanya sejumlah sentimen positif dari dalam negeri. Di sisi lain, penguatan EUR seiring harapan akan tercapainya penyelesaian masalah keuangan Italia diharapkan dapat memberikan sentimen positifnya pada rupiah.

"Diharapkan sentimen dari dalam negeri masih ada yang kembali positif untuk membuat rupiah bertahan di teritori hijaunya. Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat rupiah kembali melemah," ujar Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada di Jakarta, Senin (19/11/2018).

Diperkirakan Reza, rupiah akan bergerak di kisaran Rp14.595-Rp14.615/USD. Sementara, pergerakan rupiah akhir pekan lalu kembali mengalami kenaikan. Masih adanya sentimen positif dari dalam negeri membuat rupiah mampu untuk kembali melanjutkan pergerakan positifnya.

"Pasca diumumkannya kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia menjadi 6% atau naik 25 bps dimana bertujuan untuk menyelamatkan defisit transaksi berjalan pergerakan rupiah sudah terlihat menguat," pungkasnya.

Sebelumnya pada akhir pekan kemarin, di pertengahan November 2018 menjadi hari-hari menyenangkan bagi rupiah. Mata uang NKRI mulai pulih dari keterpurukan terhadap dolar Amerika Serikat (USD), terlebih setelah Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan menjadi 6% yang semakin memikat investor.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5260 seconds (0.1#10.140)