Kerja Sama dengan Pemprov, Bukalapak Bangun Pusat Riset

Sabtu, 15 Desember 2018 - 01:15 WIB
Kerja Sama dengan Pemprov, Bukalapak Bangun Pusat Riset
Kerja Sama dengan Pemprov, Bukalapak Bangun Pusat Riset
A A A
BANDUNG - Bukalapak bekerja sama dengan Pemprov Jawa Barat membangun pusat riset di Kawasan Dago, Kota Bandung. Pusat riset tersebut diharapkan banyak menghasilkan inovasi dan produk pengembangan untuk kemajuan masyarakat Jawa Barat.

Co-Founder and President Bukalapak, Fajrin Rasyid, mengatakan kantor riset dan pengembangan Bukalapak diharapkan turut membangun ekosistem startup tech dan product di Bandung. Talenta-talenta berbakat dari Bandung diharapkan ikut bergabung untuk pengembangan produk teknologi.

"Kami memutuskan membangun kantor baru di Bandung yang kami dedikasikan khusus untuk riset dan pengembangan. Akan ada banyak sekali inovasi dan terobosan baru yang kami harapkan muncul, salah satunya produk pelayanan publik," jelas dia pada penandatangan MoU antara Bukalapak dan Pemprov Jabar, Jumat (14/12/2018).

Kantor riset dan pengembangan Bukalapak memiliki berbagai fasilitas menarik, seperti fun room, gym, amphitheater, sleeping pods, nursery room dan zen space. Hadirnya fasilitas-fasilitas tersebut diharapkan dapat semakin memicu kreativitas dan mendorong lahirnya ide-ide baru yang inovatif.

Selain menjadi ruang kerja, kantor riset dan pengembangan Bukalapak juga diperuntukan menjadi wadah dan sarana untuk berbagi ilmu dengan komunitas.

Adapun beberapa fokus kerja sama dengan Pemprov Jabar yang disepakati antara lain, peningkatan pelayanan publik di Jawa Barat, promosi potensi pariwisata daerah, dan pembinaan UMKM Jawa Barat melalui pemanfaatan teknologi.

Salah satunya dengan penyediaan BukaBike, sebuah layanan peminjaman sepeda berteknologi tinggi dari aplikasi Bukalapak. BukaBike merupakan generasi baru bike-sharing tanpa menggunakan sistem docking, melainkan sistem QR code yang dilengkapi dengan smart lock dan solar panel technology.

BukaBike kedepannya akan beroperasi dan diperuntukkan bagi civitas akademika Institut Teknologi Bandung (ITB). Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis sebagai sarana transportasi praktis dan ramah lingkungan untuk membantu mobilitas di lingkungan kampus. Fitur BukaBike dapat diakses melalui aplikasi Bukalapak baik Android maupun iOS.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4855 seconds (0.1#10.140)