Citilink Ikut Terapkan Bagasi Berbayar bagi Penumpang

Kamis, 10 Januari 2019 - 14:15 WIB
Citilink Ikut Terapkan Bagasi Berbayar bagi Penumpang
Citilink Ikut Terapkan Bagasi Berbayar bagi Penumpang
A A A
JAKARTA - Maskapai berbiaya hemat (low cost carrier/LCC) Citilink Indonesia mengumumkan rencana ketentuan baru untuk penumpangnya, yakni pengenaan biaya atas bagasi khusus pada penerbangan di rute-rute domestik.

"Ketentuan yang akan diberlakukan untuk bagasi tercatat penumpang merupakan penyesuaian dari Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 185 Tahun 2015 mengenai Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi," kata Pjs VP Sales & Distribution PT Citilink Indonesia Amalia Yaksa di Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Amalia mengatakankan, sesuai pasal 3 PM 185 Tahun 2015, Citilink Indonesia termasuk dalam kategori maskapai dengan pelayanan no frills (pelayanan dengan standar minimum). "Sesuai dengan kelompok pelayanan yang tertera pada Pasal 22, khususnya butir c PM 185 tahun 2015, maskapai no frills dapat mengenakan biaya untuk pengangkutan bagasi tercatat," ujarnya.

Namun, jelas dia, khusus penumpang Citilink Indonesia rute internasional seperti Jakarta-Penang, Banyuwangi-Kuala Lumpur dan Denpasar-Dili, akan tetap mendapatkan fasilitas bagasi 10 kg secara gratis. Demikian pula dengan penumpang yang telah menjadi anggota Supergreen atau Garudamiles dengan pembelian di page member.

Saat ini, sambung dia, manajemen Citilink sedang melakukan koordinasi dengan para pemangku kepentingan, eksternal maupun internal guna mempersiapkan seluruh infrastruktur pendukung yang diperlukan bagi pelaksanaan ketentuan baru ini, mulai dari prosedur operasi standar hingga kesiapan sumber daya manusia serta sosialisasi kepada masyarakat.

"Citilink mengharapkan ketentuan terbaru terkait bagasi tercatat ini dapat berjalan dengan baik dengan terus menjaga kualitas pelayanan penerbangan yang selalu mengedepankan faktor keselamatan dan keamanan bagi seluruh penumpangnya," kata dia.

Selain itu, sambung Amalia, ketentuan ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam dinamika iklim industri penerbangan nasional yang positif dengan persaingan yang sehat.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6454 seconds (0.1#10.140)