Setahun Layani 2,3 Juta Menu, PT KAI Tidak Lagi Gunakan Plastik

Sabtu, 26 Januari 2019 - 10:07 WIB
Setahun Layani 2,3 Juta Menu, PT KAI Tidak Lagi Gunakan Plastik
Setahun Layani 2,3 Juta Menu, PT KAI Tidak Lagi Gunakan Plastik
A A A
BANDUNG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) berkomitmen menghilangkan penggunaan plastik pada sajian menu makanan di kereta api. Upaya itu dilakukan dalam rangka mendukung go green.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, mengatakan saat ini penggunaan plastik di dunia sudah sangat memprihatinkan. PT KAI sebagai salah satu BUMN yang memiliki anak usaha dibidang makanan, berkomitmen merubah penggunaan plastik menjadi bungkus yang ranah lingkungan.

"Packaging makanan dari Reska, kami upayakan yang ramah lingkungan. Sistem yang baru ini, merubah sistem packaging makanan yang ada di Reska," jelas Edi di sela-sela peluncuran Green Pack di Stasiun Bandung, Kota Bandung, Jumat (25/1/2019).

Menurut dia, PT KAI akan terus berkomitmen terus mendukung program pengurangan kantong plastik. Pengembangan ini ke depan akan diupayakan dipakai di semua tempat yang dikelola PT KAI.

Plt. Direktur Utama PT Reska Multi Usaha (RMU), anak usaha PT KAI, Muhammad Sahli, menyatakan go green merupakan komitmen PT RMU dan PT KAI dalam mendukung kelestarian lingkungan. Tahap awal, langkah ini akan diterapkan di Stasiun Bandung.

"Dalam setahun, kami memproduksi 2,3 juta porsi makanan. Jika menggunakan kemasan berbahan dasar plastik, dapat dibayangkan sampah plastik ini baru dapat terurai dalam waktu minimal 500 tahun," jelas dia.

Oleh karenanya, pihaknya merubah kemasan yang semula menggunakan kemasan berbahan dasar plastik menjadi kemasan berbahan dasar kertas atau atau Green Pack. Ini merupakan langkah konkret untuk mendukung kelestarian lingkungan.

Tak hanya itu, PT RMU juga memperkenalkan program baru Exploring Indonesia Kuliner on Train. Di mana, para pelanggan diajak menikmati sajian kuliner Indonesia di atas perjalanan kereta api dengan menu baru dan unik.

Plt. Direktur Consumer Business PT RMU, Surjanto Hartanto, menegaskan pihaknya memperkenalkan produk menu makanan terbaru untuk perjalanan para pelanggan di atas KA. Harapannya, para penumpang bisa memilih aneka ragam makanan yang disajikan selama perjalanan KA.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5491 seconds (0.1#10.140)