Ridwan Kamil Bakal Bangun Kawasan Ekonomi Khusus Jabar

Rabu, 30 Januari 2019 - 19:30 WIB
Ridwan Kamil Bakal Bangun Kawasan Ekonomi Khusus Jabar
Ridwan Kamil Bakal Bangun Kawasan Ekonomi Khusus Jabar
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengaku, bakal membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Jawa Barat (Jabar) karena potensi besar dalam investasi dalam wilayah tersebut. Menurutnya Jabar punya daya tarik tersendiri, baik terhadap investor dalam negeri maupun luar negeri.

"Kalau kita lihat realisasi investasi paling besar itu di Jabar, kedua DKI Jakarta, ketiga Jateng (Jawa Tengah), baru Banten. Artinya realisasi investasi serius paling besar di Jabar," sambung Ridwan Kamil di Jakarta, Rabu (30/1/2019).

Ia menambahkan, pihaknya akan memaksimalkan lahan seluas 200 hektar untuk membuat Kawasan Ekonomi Khusus tersebut. Ditekankan olehnya ini menunjukkan komitmen agar Jawa Barat menjadi pusat ekonomi di Indonesia

"Salah satu yang saya push adalah spesial economic zone, jadi sekarang ada sebuah instrumen KEK itu asal punya lahan 200 ha. Bisa kita lobi untuk jadikan kawasan ekonomi khusus untuk industri terpilih," paparnya.

Nantinya pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus ini akan dipilih sektor industri yang memiliki nilai tinggi dalam ekspor. Salah satunya memperluas sektor industri padat karya pada beberapa daerah di Jawa Barat

"Zona yang upah tidak terlalu tinggi akan saya pindah ke industri padat orang. Jadi taxi ngumpul disini, nanti industri yang padat modal, teknologi ngumpulnya di sini. Zonasi akan membuat nyaman padat modal di Karawang, Bekasi, Bogor," jelasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5537 seconds (0.1#10.140)