Indonesia Peringkat Keenam Negara Terindah di Dunia

loading...
Indonesia Peringkat Keenam Negara Terindah di Dunia
Indonesia Peringkat Keenam Negara Terindah di Dunia
JAKARTA - Siapa pun tidak akan memungkiri betapa indahnya alam Indonesia, termasuk para pelancong dari seluruh dunia. Keindahan laut, jajaran pegunungan, keanekaragaman flora, dan fauna menjadi sumber daya wisata luar biasa.

Berdasarkan jajak pendapat netizen di jejaring sosial yang dirilis publisher ternama Inggris, Rough Guides, Indonesia menempati peringkat keenam Negara Terindah di Dunia 2019 dari daftar 20 Negeri Terindah di Dunia. Adapun di posisi lima besar negara terindah berturut-turut Skotlandia, Kanada, Selandia Baru, Italia, dan Afrika Selatan. Di jajaran negara Asia, Indonesia menempati peringkat pertama, mengungguli India yang berada di peringkat ke-13 dan Vietnam ke-20.

Melalui laman www.roughguides.com, penyedia panduan wisata yang berdiri sejak 1982 itu membuat rekomendasi tentang negeri indah yang patut dikunjungi pada 2019. Indonesia dianggap memiliki daya tarik yang sangat tinggi. Selain menyuguhkan suasana perdesaan dan keindahan pulau-pulau, Indonesia juga menawarkan puncak gunung yang menjulang dan menantang. Dari jajak pendapat pembaca, Indonesia dianggap menarik karena memiliki 17.508 pulau dengan kekayaan budayanya.

“Indonesia juga memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang luar biasa,” ungkap Rough Guides. “Tidak hanya itu, Indonesia juga memiliki adat istiadat, kuliner, dan lebih dari 500 bahasa daerah. Pesona Bali dan Lombok yang dikenal atas kuil, titik selancar, dan pantai yang memesona juga menjadi magnet lainnya.”



Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya menyambut baik dengan prestasi tersebut. Apalagi, Rough Guides merupakan salah satu rujukan utama travellers dunia. Arief mengaku bangga karena pesona Indonesia yang kaya akan pemandangan alam dan budaya yang tidak ada di belahan bumi lain mulai diakui.

Penghargaan ini juga mengukuhkan posisi Indonesia sebagai destinasi wisata kelas dunia. “Hal Ini memberikan optimisme baru bagi sektor pariwisata di Tanah Air,” kata Arief dalam siaran pers. "Posisi ini sangat membanggakan bagi Indonesia. Kita bisa menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia unik," tambahnya.

Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia pada 2018 mencapai 14,39 juta orang, hampir sama dengan setahun sebelumnya. Namun, angka itu tidak mencapai target 17 juta orang. Maklum, Indonesia mengalami beberapa kali bencana besar, termasuk gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB).



Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri atas 17.504 pulau. Dengan populasi hampir 270.054.853 juta jiwa pada 2018, Indonesia memiliki berbagai suku bangsa, bahasa, dan agama.
halaman ke-1 dari 3
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top