Harga Avtur Dibantah Kemenhub Jadi Penyebab Utama Tiket Pesawat Mahal

Rabu, 13 Februari 2019 - 14:34 WIB
Harga Avtur Dibantah Kemenhub Jadi Penyebab Utama Tiket Pesawat Mahal
Harga Avtur Dibantah Kemenhub Jadi Penyebab Utama Tiket Pesawat Mahal
A A A
JAKARTA - Harga avtur diterangkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tidak terlalu berpengaruh terhadap tarif tiket pesawat, pasalnya harga avtur hanya mempengaruhi 24% dari harga tiket. Terkait hal itu, Kemenhub akan mengkaji komponen-komponen atau variabel variabel yang mempengaruhi tarif dasar tiket pesawat.

"Jadi yang kemarin disampaikan oleh Pak Presiden di Istana itu menyebutkan harga avtur 40%, memang kami saat ini sedang dalam proses melakukan kajian kembali terhadap komponen-komponen atau variabel variabel yang mempengaruhi tarif dasar airlene," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana B. Pramesti di Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Tidak hanya itu, berdasarkan pengawasan yang dilakukan di lapangan, harga tiket pesawat sesuai dengan koridor yang diatur. Dan ditekankan tidak merugikan konsumen maupun maskapai penerbangan.

"Saat ini kami sudah melakukan banyak sekali monitoring terhadap harga tiket dengan mengirimkan inspektur-inspektur kami untuk memantau harga tiket. Memang sampai saat ini harga tiket masih di bawah koridor yang ditetapkan oleh PM 14," jelasnya.

Dia pun menekankan bahwa harga tiket pesawat sudah mengalami penurunan. Apalagi harga bagasi sudah mulai diturunkan untuk meringankan beban konsumen yang dinilai mahal. "Jadi sepertinya sudah turun ya, bagasinya pun juga sudah mendengar aspirasi dari masyarakat," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7677 seconds (0.1#10.140)