Ramalan Lima Tren Industri Ritel di 2019

Sabtu, 16 Februari 2019 - 14:12 WIB
Ramalan Lima Tren Industri Ritel di 2019
Ramalan Lima Tren Industri Ritel di 2019
A A A
JAKARTA - Permintaan pembeli yang semakin banyak membuat para pelaku bisnis ritel terdorong untuk memberikan pengalaman akan layanan tanpa batas seperti yang diinginkan konsumen. Dengan peningkatan ekspektasi dari konsumen, memunculkan inovasi baru, ditambah dengan kondisi politik dan tren perubahan bisnis ritel akan terus berkembang di 2019.

"Kondisi ini menciptakan hubungan pelaku ritel dengan para pelanggannya, serta menimbulkan fase-fase perubahan dalam bisnis ritel di tahun 2019,” ujar Richard Wright, Managing Director Southeast Asia, Manhattan Associates lewat keterangan resminya di Jakarta.

Manhattan Associates, Inc telah mengidentifikasi lima poin utama yang diyakini akan menjadi tren yang akan berkembang di industri ritel pada tahun 2019. Kelima agenda utama yang akan menjadi tren tersebut adalah:

1. Manajemen Pengalaman Pelanggan Holistik

Menciptakan pengalaman berbelanja dan layanan yang istimewa dengan cepat akan menjadi kunci keberhasilan peritel. Namun, banyak peritel yang gagal dalam menawarkan hal ini, karena mereka tidak dapat secara efektif mengelola pengalaman pelanggan baik fisik maupun digital.

"Pada 2019 kita akan melihat peritel berinvestasi untuk menjembatani kesenjangan ini dan penggunaan alat dan teknologi yang tidak hanya dirancang khusus untuk kompleksitas sistem perdagangan modern. Tetapi memungkinkan para pelaku retail untuk benar-benar mengerti pelanggan mereka," jelasnya.

Di era baru ini, keterlibatan pelanggan menuntut karyawan di toko maupun di call centre untuk memiliki wawasan mengenai pelanggan/customer insight dalam genggaman mereka. Ditambah menawarkan layanan yang lebih baik dan memastikan loyalitas pelanggan.

Namun para pelaku peritel tidak bisa melupakan peningkatan populasi digital, yaitu para konsumen muda yang mencari opsi online terlebih dahulu. Antara call centre, toko fisik ataupun online, peritel terkemuka pada 2019 harus mampu berdaptasi dimana saja.

2. Perluasan Strategi Pemenuhan Omnichannel

Ekspektasi beli dimana saja/diantar kemana saja' yang diharapkan oleh pelanggan omnichannel merupakan momen penentu untuk tahun 2019 dalam sejarah peritel. Untuk para peritel yang tidak memiliki cara atau komitmen untuk mengikuti perdagangan omnichannel, memiliki masa depan yang kelam.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1516 seconds (11.97#12.26)