Produk-produk Indonesia Dicari Masyarakat Ethiopia

Kamis, 28 Maret 2019 - 11:55 WIB
Produk-produk Indonesia Dicari Masyarakat Ethiopia
Produk-produk Indonesia Dicari Masyarakat Ethiopia
A A A
JAKARTA - Barang-barang Indonesia yang beredar di pasaran Ethiopia dan beberapa negara Afrika Timur memiliki kualitas yang sangat baik. Bahkan sebagian besar barang-barang Indonesia yang masuk ke Ethiopia memiliki kualitas lebih baik dibandingkan produk-produk dari banyak negara Asia lainnya. Karena itu, barang-barang Indonesia sangat digemari masyarakat Ethiopia.

Hal itu dikatakan oleh Dawit Abreham Kidane, pemilik Enzo Plc, sebuah perusahaan impor Ethiopia, ketika dijamu makan siang oleh Duta Besar Al Busyra Basnur di Wisma Duta, Addis Ababa, Ethiopia.

Dawit, yang telah melakukan hubungan dagang dengan Indonesia sekitar 5 tahun itu, lebih lanjut menambahkan, produk-produk Indonesia sangat berpotensi membanjiri pasar Ethiopia. Dengan penduduk 108 juta jiwa, kedua terbesar di benua Afrika, Ethiopia menjadi pasar strategis bagi produk-produk Indonesia.

"Saya memperdagangkan produk Indonesia tidak hanya di Ethiopia, juga di banyak negara Afrika bagian timur," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews di Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Sementara, Bedru Abedia Mohammod, pemilik perusahaan produsen makanan ringan, Chilalo Food, yang juga ikut pada jamuan makan siang itu, mengatakan selama ini banyak mengimpor barang dari Indonesia, diantaranya Food Stuff, Palm Oil dan Shortening.

"Dalam memproduksi makanan ringan, saya membutuhkan sangat banyak palm oil (minyak sawit). Bahkan saya pernah mengimpor 40 kontainer palm oil dari Indonesia. Selain itu, saat ini saya sedang mengimpor bahan mentah sabun sebanyak 2 kontainer," tambahnya.

Tahun 2018, Bedru mengikuti Trade Expo Indonesia (TEI) di Jakarta, sedangkan Dawit mengikuti TEI tahun 2017.

Seorang pengusaha Ethiopia lainnya, Alemeyehu Nigussie, sudah melakukan kerjasama investasi dengan Indonesia selama kurang lebih sepuluh tahun. Pemilik perusahaan Yes Brands Food and Beverages PLC itu, mengatakan keinginannya untuk mengimpor lebih banyak produk shortening dari Indonesia.

Selain itu, Alemeyehu berkeinginan untuk meningkatkan kerjasama investasi dengan Indonesia, terutama dibidang obat-obatan dan pariwisata. Alemeyehu juga memiliki hotel Saro Maria di Addis Ababa, dimana orang Indonesia yang berkunjung ke Addis Ababa sering menginap di hotel tersebut. Tahun lalu, Alemeyehu hadir dalam Indonesia Africa Forum (IAF) yang diselenggarakan di Bali.

Pada jamuan makan siang tersebut, Duta Besar Al Busyra Basnur yang wilayah kerjanya juga meliputi negara Djibouti dan organisasi negara-negara Afrika, African Union, memaparkan berbagai peluang kerjasama ekonomi dengan Indonesia serta mengajak pengusaha Ethiopia menghadiri Trade Expo Indonesia (TEI) yang akan diselenggarakan Oktober 2019.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5744 seconds (0.1#10.140)