Kenaikan Tiket Pesawat Sumbang Inflasi Bulan April

Jum'at, 26 April 2019 - 15:08 WIB
Kenaikan Tiket Pesawat...
Kenaikan Tiket Pesawat Sumbang Inflasi Bulan April
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memprediksi tingkat inflasi selama April 2019 mencapai 0,35% secara bulanan (month to month/mtm) dan 2,74% secara tahunan atau year on year (yoy).

Angka prediksi diatas berdasarkan survei pemantauan harga yang dilakukan Bank Indonesia (BI) hingga pekan keempat bulan ini.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, mengatakan tingkat inflasi ini disumbang dari bawang putih, bawang merah, hingga tiket pesawat. Baca Juga: BI Prediksi Inflasi Akhir April di Level 0,35%

"Beberapa bahan makanan seperti bawang merah, bawang putih, cabai, ada kenaikan sedikit di inflasinya. Demikian juga tarif angkutan udara. Kita catat beras deflasi. Andilnya masih relatif rendah," ujar Perry di Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Namun Perry mengatakan, perkiraan tingkat inflasi ini masih sesuai target bank sentral sebesar 3,5 plus minus 1%. Perry menambahkan akan terus berkoordinasi dengan pemerintah dan Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP), Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk memastikan inflasi semalam Ramadhan tetap terkendali.

"Kalau Ramadhan biasanya harga naik, tapi pasokan bahan itu, Insya Allah, inflasi akan lebih rendah dari tahun lalu," jelasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3888 seconds (0.1#10.140)